Pati, Kota – Setiap Agustus, bangsa dan rakyat Indonesia mengisinya dengan berbagai kegiatan menyongsong peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Meski sudah 73 tahun merdeka, dan setiap tahunnya diperingati, namun masih ada saja warga yang lupa untuk mengibarkan bendera merah putih di sekitar halaman rumahnya.

Masyarakat seharusnya memiliki kesadaran yang tinggi, untuk mengibarkan merah putih di depan halaman rumah, pada setiap Agustus. Dan Pemerintah melalui perangkat kerjanya, tidak perlu mengingatkan lagi. Bahkan Bupati Pati Haryanto, sempat mendapati warganya di perkotaan yang belum memasang bendera merah putih. “Kalau itu kan sudah saya buatkan edaran sudah lama. jadi kami sudah sering muter-muter. Awal-awal itu memang ada beberapa, tapi sekarang pengibaran bendera merah putih sudah hampir menyeluruh di wilayah Kabupaten pati untuk pemasangan bendera merah putih,” tutur Bupati Pati Haryanto, usai membuka sosialiasi 4 konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, di Desa Bumiayu Kecamatan Wedarijaksa, Rabu malam (8/8/2018).
Menurut Bupati Haryanto, untuk membuktikan jiwa dan rasa patriotisme dan nasionalisme, bukan sekedar hanya ucapan, tapi bukti nyata. Seperti, mengibarkan bendera merah putih masyarakat seharusnya dengan kesadarannya sendiri. Namun, ada sebagian yang harus didatangi dan diingatkan kembali. “Dan selalu saya ingatkan melalui Pak Kades dan langsung saya perintahkan kepada Satpol PP. Agar kalau cinta NKRI dan nasionalime ya harus memasang bendera merah putih jangan hanya bicara saja, tapi wujudnya tidak ada.  Kemarin ada beberapa yang saya suruh pagi-pagi, tapi sekarang sudah terpasang ini terjadi di perkotaan. Sehingga sekarang di perkotaan sudah semarak sekarang. Pada awalnya satu dua hari belum terasa, tapi sudah,” katanya.
Bupati Pati Haryanto menilai, kesadaran masyarakat untuk cinta tanah air masih perlu terus digelorakan. Salah satunya, dengan kembali menanamkan nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme kepada generasi muda, dan masyarakat pada umumnya.(●)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla