^ke atas
foto1 foto2 foto3 foto4 foto5

hair saloonUntuk yang mau gabung BB Pasfm, silahkan di PIN BB: 32711E7D

0295 - 385877
pasfmpati@gmail.com

Radio PASFM Pati

Saluran Informasi Warga Pati - Jawa Tengah

Berita BBC
Berita BBC

Jumlah Pengunjung

Hari ini 250

Kemarin 346

Minggu ini 250

Bulan ini 1650

Total 954383

RATUSAN HEKTAR TANAMAN PADI DI KUDUS DISERANG TIKUS

Bagikan
FaceBook  Twitter

pasfmpati.com (Kudus) - Sedikitnya 1.375 hektare tanaman padi di Kabupaten Kudus Jawa Tengah, diserang hama tikus dan puluhan hektar di antaranya mengalami puso.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura pada Dinas Pertanian Kabupaten Kudus, Harsito mengatakan serangan hama tikus ini menyebar di lima kecamatan yakni Kecamatan Undaan, Kaliwungu, Jati, Jekulo, dan Mejobo dengan luas serangan bervariasi. Tanaman padi yang mengalami puso tersebar di empat desa yang ada di Kecamatan Undaan. Masing-masing Desa Wonosoco seluas 4 hektare, Desa Lambangan seluas 35 hektare, Desa Kalirejo seluas 17 hektare, dan Desa Kutuk seluas 5 hektare.

Harsito menambahkan Selain diserang hama pengerat, tanaman padi petani yang mayoritas sudah memasuki masa panen tersebut, juga diserang hama penggerek batang, kresek, dan hama putih palsu. Luas areal tanaman padi yang terserang hama penggerek batang mencapai 55 hektare, hama kresek seluas 12 hektare, dan hama putih palsu seluas 14 hektare.

Sementara itu menurut penuturan Ngatminah, seorang petani di desa Kedungdowo Kaliwungu, selain serangan hama tikus padi yang ditanamnya juga diserang hama wereng, belalang dan sejenis ngengat. Ngatminah mengaku kerepotan mengatasi serangan hama ini karena sudah disemprot menggunakan pestisida berulang kali namun hama tidak juga reda. "Wah, sudah tak terhitung nyemprotnya mas, yang jenis ngengat ini baru kali ini ada, biasanya ga ada" katanya sambil melakukan penyemprotan selasa (11/6)

Meski banyak serangan hama musim panen ini, namun Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kudus, Harsito optimis musim panen ini masih sesuai target. Target panen tanaman padi tahun ini sebesar 155.774 ton gabah kering giling (GKG). Sedangkan luas areal panen tanaman padi hingga Mei 2013 mencapai 12.803 hektare dengan tingkat produksi 89.025 ton GKG.(*)

Web Resmi Radio PASFM Pati