Cetak
Dilihat: 76

Pati, Kota – Selama masa pengumuman, masyarakat dapat memberikan masukan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), terhadap nama-nama yang terpampang di Daftar Calon Sementara (DCS).  
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati telah mengumumkan daftar calon sementara (DCS) Pemilihan Legislatif 2019, pada Minggu kemarin (12/8/2018). Selama masa pengumuman itu, masyarakat bisa menyampaikan masukan terhadap nama-nama di dalam DCS itu ke KPU.

“Kalau ada masukan masyarakat yang kemudian menyebabkan yang bersangkutan tidak memenuhi syarat, kita akan menyampaikan ke parpol bersangkutan. Semisal ijazahnya palsu, atau usianya masih di bawah 21 tahun, itu nanti akan kita klarifikasi langsung,” demikian Ketua KPU Kabupaten Pati, Muhammad Nasich.
Namun, kata Muhammad Nasich bila saat klarifikasi, caleg tertentu tidak memenuhi syarat, KPU akan menyampaikan hasilnya ke parpol, untuk mengganti, atas masukan masyarakat. “Karena kalau masukan masyarakat itu terpenuhi maka parpol bisa mengganti calegnya. Kemudian apa bila yang bersangkutan meninggal dunia, juga parpol bisa menggantinya pasca DCS nanti,” jelasnya.
Ketua KPU Kabupaten Pati Muhammad Nasich, sedang untuk pengunduran diri, sepanjang tidak mempengaruhi kuota 30% perempuan, dapat dilakukan oleh parpol peserta Pemilu 2019.(●)

0
0
0
s2smodern
powered by social2s