PKS Kehilangan Semua Calegnya Di Dapil V

Pati, Kota – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Pati, kehilangan semua calon anggota legislatif (Caleg)nya di daerah pemilihan (dapil) V. Itu terlihat, setelah KPU Kabupaten Pati mengumumkan Daftar Caleg Sementara (DCS) Pemilu 2019, pada Minggu lalu (12/8/2018).
Hilangnya atau tercoretnya semua calon anggota legislatif PKS di daerah pemilihan (dapil) V, yang meliputi Kecamatan Gabus, Kayen, Sukolilo dan Kecamatan Tambakromo itu, karena dinilai tidak memenuhi unsur yang dipersyaratkan. Unsur yang tidak terpenuhi itu, syarat keterwakilan perempuan 30%.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati Supriyanto mengatakan, di daerah pemilihan (dapil) V itu, untuk Pemilu 2019 mendatang, PKS sebenarnya mendaftarkan 11 caleg, dan sudah memenuhi kuota 30% perempuan. Namun, pada masa penelitian administrasi hasil perbaikan, terdapat sejumlah caleg tidak memenuhi syarat.
“Jadi ada beberapa caleg di dapil itu yang dinyatakan tidak memenuhi syarat karena kekuranglengkapan dokumen administrasi syarat calon. Termasuk di dalamnya kuota 30% caleg perempuan,” katanya kemarin.
Supriyanto menjelaskan, dari 11 caleg di dapil lima tersebut yang dinyatakan memenuhi syarat hanya dua orang caleg laki-laki. Artinya, jumlah tersebut tidak memenuhi kuota 30% perempuan di dapil tersebut.
“Sehingga, bagi PKS di dapil lima karena tidak memenuhi syarat tersebut, maka di dalam daftar caleg sementara (DCS) tidak dimunculkan,” urainya.
Hingga saat ini, pihak KPU masih menunggu kelanjutan hal tersebut dari pihak PKS. Apakah nanti PKS menyampaikan keberatan melalui Bawaslu Pati atau menerimanya. “Hingga saat ini kami belum mendapat pemberitahuan secara resmi. Begitu juga soal informasi bahwa PKS akan melakukan gugatan.” bebernya.
Sementara PKS belum menyampaikan konfirmasi, dan melalui jejaring sosial Whatsapp, Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Pati Nasrso, sedang berada di Solo.(●)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla