Lomba Masak Nasi Goreng, Cara Gusdurian Ajak Perempuan Bermasalah Sosial Meriahkan Hari Kemerdekaan

Pati, Kota – Puluhan perempuan bermasalah sosial di salah satu komplek lokalisasi di Pati mengikuti lomba memasak nasi goreng. Lomba yang diprakarsai Komunitas Gusdurian Pati itu, untuk menumbuhkan nasionalisme para perempuan bermasalah sosial menjelang peringatan hari kemerdekaan RI ke – 73 tahun ini.

Sejumlah perempuan bermasalah sosial di komplek lokalisasi Lorok Indah (LI) turut Desa Margorejo Kecamatan Margorejo, yang terbagi dalam 20 kelompok mengikuti lomba memasak nasi goreng. Setelah penyelenggara menyatakan dimulainya lomba, mereka secara kelompok bekerja sama, meramu bumbu  dan memasak nasi goreng.
Menurut Penasehat Gusdurian Pati KH Heppy Irianto, dalam penyelenggaraan ini pihaknya bersinergi dengan relawan TNI/Polri untuk memberi penyadaran kepada perempuan bermasalah sosial yang hidup terpinggirkan. Baik melalui pendekatan spiritual, psikologi dan pendekatan keterampilan, dengan harapan mereka dapat mencari penghidupan yang lebih baik. “Jadi ini untuk memeriahkan HUT RI ke 73. Setidak-tidaknya mereka memiliki nasionalisme, mereka merasa memiliki NKRI. Setidak-tidaknya kita ingin tahu, dia punya bakat dasar tidak. Kalau punya bakat dasar, itulah modal mereka untuk menuju kehidupan sosial yang lebih baik.   
Seorang dari salah satu anggota kelompok, anggun mengaku senang dapat mengikuti lomba masak nasi goreng, dalam memperingati HUT RI ke 73. “Biasanya masak dirumah. Kadang-kadang dulu di rumah masak, tapi lumayan juga. Untuk menyiapkan bahannya tidak lama, kemarin nyiapin, hari ini kita masaknya. Ini namanya nasi goreng Arema,” katanya.
Dalam lomba masak nasi goreng ini, tutur salah seorang juri Ani Astuti, penilaiannya dari beberapa aspek. Mulai dari kerja kelompok, rasa dan cara penyajian. “Ya kekompakan, kebersihan higienis apa tidak, bersih rapi, rasa dan cara penyajiannya bagus apa tidak. Rata-rata kekompakan itu bagus,” kata juri.
Selain tropy, bagi juara lomba masak nasi goreng antar kelompok perempuan bermasalah sosial di komplek lokalisasi Lorok Indah itu, penyelenggara Gusdurian Pati, juga memberikan uang pembinaan.(●)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla