PKS Ajukan Pemohonan Sengketa Proses Ke Bawaslu Pati

Pati, Kota – Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) resmi mengajukan permohonan sengketa proses ke Bawaslu Kabupaten Pati. Ini, terkait dengan tercoretnya seluruh caleg PKS di daerah pemilihan (dapil) V di daftar calon sementara (DCS) Pemilu 2019.

Pengurus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mendaftarkan permohonan sengketa proses ke Bawaslu Kabupaten Pati, melalui kuasa hukum yang ditunjuknya, Muhammad Agus Prasetyo SH dan Qorina Hidayati SHI MH, Selasa siang (14/8/2018).
Ketua Bawaslu Kabupaten Pati Achwan membenarkan hal tersebut. Menurut Achwan, pihaknya telah menerima berkas permohonan sengketa proses dari DPD PKS, namun ada persyaratan yang belum lengkap.  “Pada pokoknya bahwa pengurus PKS ini berkeberatan dengan terbitnya SK KPU Nomo 108 terkait dengan penetapan DCS anggota DPRD Kabupaten Pati, khususnya untuk PKS di daerah pemilihan (dapil) V. sehingga, seluruh caleg di Dapil V oleh KPU Kabupaten Pati dinyatakan TMS, yang berdampak seluruh calegnya tidak diikutsertakan di DCS tersebut,” jelasnya.
Achwan menambahkan, pihaknya memberikan waktu 3 hari kepada DPD PKS Kabupaten Pati untuk memperbaiki permohonan sengketa proses tersebut. Setelah pemohon melengkapi semua berkas, Bawaslu akan meregister dan melakukan kajian pendahuluan. Di sini, Bawaslu memiliki waktu 12 hari untuk menyelesaikan permohonan sengketa proses tersebut. “Jadi prinsipnya, pada sengketa proses tersebut Panwas atau Bawaslu akan menempuh 2 hal. Yakni mediasi, yang dilakukan secara tertutup nanti kita akan mempertemukan antara Komisioner KPU Kabupaten Pati dengan Pengurus PKS untuk bisa menyelesaikan permasalahan terkait dengan pencalonan anggota DPRD Kabupaten Pati. Ya kita berharap di mediasi itu bisa selesai,” jelasnya.
Namun, kata Ketua Bawaslu Kabupaten Pati Achwan, ketika di tahapan mediasi tidak selesai atau tidak tercapai kesepakatan, Bawaslu Kabupaten Pati akan membuat putusan, melalui ajudikasi atau persidangan terkait dengan permasalahan tersebut.(●)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla