211 Warga Binaan Bakal Terima Remisi, 4 Diantaranya Langsung Bebas

Pati, Kota – Lembaga Pemasyarakatan Pati tahun ini mengusulkan 222 warga binaannya ke Kementerian Hukum dan HAM, untuk mendapatkan remisi umum atau pengurangan masa hukuman.
Sejumlah 211 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pati, tahun ini mendapat pengurangan masa pidananya (remisi umum) 17 Agustus. Sementara, 11 warga binaan lainnya yang diusulkan masih dalam proses perbaikan data administrasi.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pati, Irwan Silais mengatakan, remisi umum (17 Agustus) tersebut diberikan bagi warga binaan yang telah menjalani 6 bulan masa hukuman yang telah dijatuhkan Pengadilan, dan memiliki hukum tetap. “Dari yang remisi yang telah turun tersebut, ada yang masih menjalankan, ada yang setelah mendapatkan remisi itu langsung bebas. Itu yang langsung bebas itu 7 orang. Tapi yang tiga telah keluar akibat mendapatkan pengurangan masa hukuman cuti bersyarat (CB). Sedang remisi yang keluar langsung itu 4 orang,” katakanya.
Menurut Irwan Silais, selain sudah menjalani masa hukuman 6 bulan masa pidana, untuk mendapatkan remisi umum warga binaan juga harus berkelakuan baik selama menjalani masa pidana. Artinya, selama menjalani masa hukuman mereka tidak melanggar aturan. “Selain remisi umum dan remisi khusus, ada juga yang namanya remisi donor darah. Bagi mereka yang selama ini telah donor darah 4 kali berturut-turut, bisa diusul mendapat remisi donor darah, setengah dari remisi umum. Kalau remisi umumnya mendapat delapan bulan, diremisi donor darah dia mendapat 4 bulan. Sehingga mereka walaupun secara fisiknya ada didalam, tapi bisa menyumbangkan darahnya kepada masyarakat melalui PMI pemberian donor darahnya,” Irwan Silais.
Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pati Irwan Silais mengatakan, pihaknya juga masih akan mengusulkan warga binaannya untuk mendapatkan usulan remisi susulan, yang putusanya melewati batas usulan.(●)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla