Pati, Kota – Pada akhir tahun ini, sejumlah desa di Kabupaten Pati, bakal menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Terkait hal itu, Pemerintah Kabupaten Pati bersama TNI/Polri mulai menyosialisasikan penyelenggaraan pesta demokrasi di tingkat desa tersebut.
Sejumlah 61 desa yang tersebar di dua puluh kecamatan di Kabupaten Pati akan menggelar Pilkades, pertengahan Desember tahun ini. Sebagai persiapan pelaksanaannya Pemkab Pati menyosialisasikan proses pembentukan panitia Pilkades.

“Oleh karena itu hari ini diadakan sosialisasi, saya bersama Forkompinda, Asiten Pemerintahan, Kabag Tata Pemerintahan Sekda Pati, agar segera menyosialisasikan ke desa masing-masing, Camat membentuk panitia, menganggarkan dan nanti proses tahapan selanjutnya,” demikian Bupati Pati Haryanto didampingi Asisten Tata Pemerintahan Sudiyono, usai Sosialisasi Pemilihan Pilkades Serentak 2018, di Pendopo Kabupaten Pati, Kamis (13/9/2018).
Penyelenggaraan Pilkades Serentak Desember 2018 mendatang, kata Bupati Haryanto, mengacu pada regulasi yang baru Perda Nomor 9 tahun 2018 tentang Kepala Desa. Untuk saat ini, sesuai tahapannya desa-desa yang akan menyelenggarakan Pilkades masih dalam proses pembentukan panitia. “Nanti setelah kepanitiaan terbentuk, nanti baru tahapan ada pendaftaran pemilih, kemudian ada pendaftaran calon, dan lain-lain,” katanya.
Bupati Pati Haryanto menegaskan, untuk pendaftaran Pilkades Serentak 2018 nanti, masih menggunakan pendaftaran secara manual. Karena untuk pendaftaran online, masih terbentur dengan perangkat yang belum siap.
Selain melibatkan Kades dan Perangkat Desa yang akan menyelenggarakan Pilkades, sosialisasi tersebut juga menghadirkan para Camat, Danramil, dan Kapolsek.(●)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla