Pati, Kota – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati akan menyuntikan dana melalui APBD untuk penyelenggaraan  pemilihan kepada desa (Pilkades). Suntikan atau bantuan dana bagi desa yang menyelenggarakan pilkades tersebut berdasarkan jumlah populasi penduduknya.
61 desa di Kabupaten memastikan akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa (Pilkades), di pertengahan Desember 2018 mendatang. Pemerintah pun akan memberikan suntikan dana kepada desa-desa tersebut untuk penyelenggaraan Pilkades.

“Kalau perdesa sesuai dengan jumlah penduduk kali 15 ribu rupiah. Bila masih dirasa kurang, karena itu hanya untuk surat suara, bilik dan honor panitia sehingga ada regulasi peraturan bupati yang mengakomodir boleh dari sumber lain. Bisa dari PADes, calon atau bisa dari  pihak-pihak lain yang akan menyumbang,” ungkap Bupati Pati Haryanto didampingi Asisten Pemerintahan Sekda Sudiyono, saat diwawancara terkait bantuan desa untuk Pilkades.
Bantuan senilai 15 ribu rupiah per orang itu, bagi desa berpenduduk banyak. Namun bila penduduknya lebih sedikit, kata Bupati Haryanto bantuan penyelenggaraan bisa mencapai 20 ribu rupiah hingga 30 ribu rupiah.  “Itu sudah mencukupi sesuai kebutuhan anggaran yang ada,” katanya.
Bupati Pati Haryanto mengatakan, Pemerintah bersama TNI/Polri kini juga sudah memetakan dan deteksi dini terhadap kemungkinan terjadinya kerawanan-kerawanan yang akan mengganggu pelaksanaan Pilkades Serentak di Pati 2018.(●)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla