Pati, Kota – Partai-partai politik peserta pemilu harus mematuhi ketentuan dan aturan kampanye yang sudah disosialisasikan oleh penyelenggara pemilu. Mulai dari pemasangan APK, rapat umum, sampai rapat terbatas, semuanya harus patuh aturan.
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati mengingatkan seluruh parpol peserta pemilu untuk taat aturan saat berkampanye. Apalagi, aturan dan ketentuan kampanye sudah disosialisasikan kepada para pimpinan parpol. Ketua Bawaslu Kabupaten Pati Ahmadi berharap, semua parpol bisa mematuhi semua regulasi tentang kampanye. Serta memanfaatkan fasilitas yang diberikan pemerintah. “Yang difasilitasi KPU tolong itu digunakan sebagaimana yang sekiranya bisa dimanfaatkan, karena difasilitasi oleh pemerintah. Jangan membuat sendiri yang tidak sesuai dengan spek,” katanya.

Selama anggapan masyarakat, kampanye sama dengan arak-arakan atau pawai dari titik awal hingga ke lokasi kampanye. Padahal pawai, kata Ahmadi menurut ketentuan hal itu dilarang. Untuk itu Bawaslu Kabupaten Pati berharap, masyarakat memahami hal tersebut. “Nah ini saya harapkan masyarakat tahu tentang itu. Artinya dampaknya itu dalam rangka pendidikan politik dalam menyampaikan sosialisasi tidak perlu arak-arakan. Yang kedua yang masih berlangsung itu adalah membawa anak dibawah umur ini juga larangan, ini kami harapkan masyarakat tahu itu,” tuturnya.
Ketentuan lain dalam berkampanye, salah satunya tak diperkenankan atau mempersoalkan mempersoalkan dasar negara Pancasila, Pembukaan Undang-Undang  Dasar  Negara  Republik  Indonesia Tahun 1945, dan bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta melakukan kegiatan yang membahayakan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sementara masa kampanye Pemilu 2019 akan dimulai 23 September 2018 hingga 13 April 2019.(●)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla