Forjip Peduli Bantu Air Bersih di 7 Desa

Pati, Kota –  Meski disibukkan dengan dengan peliputan berita, sejumlah awak media Forum Jurnalis Independent Pati (Forjip) menyempatkan untuk peduli sesama. Bersama Humas Setda dan PMI Pati, Forjip menyalurkan bantuan air bersih kepada  tujuh desa terdampak kekeringan, Sabtu (29/9/2018).
Bantuan air bersih sejumlah 7 tangki itu disalurkan kepada ribuan warga yang tersebar di tujuh desa di Kecamatan Kayen. Seperti Desa Boloagung, Pesagi, Pasuruhan, Trimulyo, Srikaton, Slungkep dan Desa Sumbersari. Secara simbolis bantuan itu diserahkan di Balai Desa Boloagung Kecamatan Kayen.

Ketua Forjip Udin Alinani mengatakan, bantuan itu sebagai kepedulian awak media yang prihatin dengan kekeringan yang melanda di sejumlah desa, yang berdampak warganya krisis air bersih. “Ada tujuh tanki air yang kita serahkan hari ini. Semoga dengan bantuan air bersih ini dapat meringankan warga Kabupaten Pati yang dilanda kekeringan sejak lima bulan terakhir,” jelasnya.
Ni`matur Rofiyah seorang penerima bantuan mengatakan, krisis air bersih yang dialaminya terjadi ketika sumur-sumur warga mulai mengering, sejak dua bulan terakhir ini. Selain meminta air dari sumur tetangga, sebagian warga lain harus membeli untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Selama ini ambil air dari  tetangga-tetangga yang punya sumur dan masih ada sumber airnya. Dengan adanya bantuan ini, tentu meringankan masyarakat,” tuturnya.
Kades Boloagung Kecamatan Kayen Sugito mengatakan, kekeringan dan krisis air bersih puncaknya dirasakan sejak 4 bulan terakhir. Dan untuk memenuhi kebutuhannya, warga terkadang membeli air bersih isi ulang di depot-depot. “Tapi  Alhamdulillah saya berusaha untuk mengajukan dropping air bersih baik dari BPBD, PMI, Komunits Panther, atas semua bantuannya semua bisa menikmati sesuai keinginan rakyat kami akan kebutuhan air,” ujarnya.
Selain menyalurkan bantuan air bersih di desa-desa terdampak kekeringan, Forjib dengan sukarela juga beriur untuk membantu korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan Mamuju Sulawesi.(●)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla