Festival Tongtek Angklung Meriahkan HUT Ke 40 FKPPI Pati

Pati, Kota – Sejumlah 19 grup dengan ciri khas masing-masing mengikuti festival tongtek angklung HUT ke 40 FKPPI Kabupaten Pati, Minggu pagi (30/9/2018). Setiap peserta diberi kesempatan tampil selama 20 menit dengan membawakan lagu wajib Ilir-Ilir, dan lagu pilihan bebas.
Festival tongtek angklung yang baru terselenggara itu, berlangsung di halaman Markas FKPPI Kabupaten Pati, di Jl Panglima Sudirman, dan mendapat sambutan meriah masyarakat.

Ketua FKPPI Kabupaten Pati Endah Sri Wahyuningati mengatakan, sebagai bagian dari masyarakat FKPPI ingin berbuat untuk melestarikan kebudayaan yang saat ini bisa menjadi media silahturahmi yang dinilai cukup bagus. Dan bila diberi ruang yang tepat untuk mengembangkan kreativitas mereka, akan semakin lebih baik. “Terutama saat ini yang mana suhu politik sedikit memanas dalam demokrasi di Indonesia, ada pilleg dan pilpres pada 2019 nanti. Terkadang memicu perbedaan pendapat yang dapat mengurangi kondusivitas. Dengan adanya klub-klub ini, ternyata kami amati mereka menjadi media dimana ada berbagai permasalahan dapat diselesaikan dengan cara baik. Mereka berkumpul bermain musik bareng yang akhirnya masalah-masalah yang pelik, dengan adanya media ini mereka bisa berkomunikasi dan diselesaikan dengan baik,” katanya.
Endah Sri Wahyuningati berharap, festival ini menjadi ajang adu kreativitas masyarakat pecinta seni budaya tradisional, sehingga ada imbas positif bagi masyarakat.
Ketua Panitia Festival Tongtek Angklung Harjo Sugihajo mengungkapkan, awalnya ada 50 kelompok lebih yang hendak mengikuti. Namun, melalui penilaian awal panitia hanya menyeleksi 19 kelompok diantaranya yang berlanjut beradu kreativitas. “Kriteria penilaian jelas, mulai dari kekompakan, musikalitas, penampilan dan pakaian yang dikenakan. Kalau lagu wajib lagu Jawa Ilir-Ilir yang tidak begitu susah,” kata Ketua Panitia Festival Tongtek Angklung HUT ke 40 FKPPI Kabupaten Pati Harjo Sugiharjo.(•)

 

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla