Pati, Kota – Petugas Polsek Gembong Polres Pati dan Perum Perhutani menangkap seorang sopir yang diduga terlibat dalam pembalakan liar, bersama truk bermuatan kayu jati tanpa surat keterangan sahnya hasil hutan (SKSHH). Sementara pemilik kayu melarikan diri saat petugas operasi gabungan hendak menangkapnya.

Penangkapan terhadap terduga pelaku pembalakan liar itu, berlangsung dalam operasi gabungan yang melibatkan Polsek Gembong dan Perum Perhutani Pati. Ini menyusul ada informasi adanya penebangan dan pencurian 40 pohon jati di petak 4C di kawasan Pemangkuan Hutan Regaloh.
Kapolres Pati AKBP Uri Nartanti Istiwidayati melalui Kasubbag Humas IPTu Agung Suharyono mengatakan, setelah menerima laporan adanya tindak pembalakan liar itu, polisi bersama perhutani melakukan operasi gabungan. “Kemudian ditindak lanjuti dengan operasi gabungan pada Senin (8/10/2018), antara Polsek Gembong dan Perhutani, mendapati truk engkel nopol K-1417-NH yang membawa kayu jati tanpa dilengkapi dokumen, yang dikemudikan berinisial K bersama pemilik kayu berinisial KST. Karena pemilik melarikan diri, selanjutnya pengemudi truk bersama Namun saat dihentikan petugas KST melarikan diri. kemudian pengemudi beserta truk bermuatan kayu jati yg tanpa dilengkapi dokumen diamankan di Polsek Gembong,” katanya.
Untuk penyidikan lebih lanjut, kata Kasubbag Humas Polres Pati IPTu Agung Suharyono, penyidik Polres Pati memintai keterangan pengemudi truk berinisial K, serta menahan barang bukti berupa truk engkel bermuatan penuh kayu jati.
Akibat pembalakan liar itu, Perum Perhutani sebagai korban mengalami kerugian yang ditaksir hampir mencapai Rp4,9 juta. Hasil penyelidikan sementara, pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat dengan Pasal 50 Ayat (3) Undang-undang RI Nomor 41 tahun 1999 tentang pembalakan liar. “Dan ancamannya pasal 78 UU Nomor 41 tahun 1999, dengan ketentuan pidana hukuman 5 tahun dan denda maksimal Rp10 milyar,”.
Kasubbag Humas Polres Pati IPTu Agung Suharyono menambahkan, saat ini polisi juga masih mengejar pemilik kayu yang melarikan diri, dan sudah diketahui identitasnya.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla