Pati, Kota – DPD Partai Amanat Nasional (PAN) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati, akhirnya mencapai kesepakatan dalam penyelesaian sengketa proses. Dengan adanya kesepakatan itu, sengketa proses soal keterlambatan penyerahan laporan awal dana kampanye (LADK), selesai sebelum berlanjut ke sidang ajudikasi.

Kesepakatan penyelesaian sengketa proses itu sudah terjadi sejak berlangsung mediasi diantara keduanya pada Senin lalu (8/10/2018).  Saat itu, kedua pihak sepakat untuk tidak meneruskan ke sidang ajudikasi. Dan kesepakatan itu putuskan pada sidang mediasi penyelesaian sengketa proses di aula Bawaslu Kabupaten Pati, Kamis (11/10/2018).
“Sudah dicapai kesepakatan diantaranya KPU bersedia untuk mencabut berita acara yang pernah dikeluarkan terkait penerimaan LADK dengan memperbarui berita acara yang baru dari DPD PAN Kabupaten Pati akan diterima oleh KPU dengan catatan tidak mengulangi lagi pada tahapan-tahapan pemilu berikutnya. Dan pihak pemohon juga menyepakati hal tersebut,” demikian Komisioner Bawaslu Kabupaten Pati Achwan usai membacakan putusan sidang mediasi penyelesaian proses.
Sekretaris DPD PAN Kabupaten Pati Kasirin mengaku puas dengan kesepakatan yang telah dicapai bersama KPU yang dimediasi Bawaslu. “Dan senang sekali atas terkabulnya keinginan kami, sehingga kami bisa ikut kontestasi pada Pemilu 2019 nanti. Semoga dengan kasus ini, bisa memberi pembelajaran kami sebagai pengurus untuk lebih berhati-hati dalam menjalankan sesuatu yang berkaitan dengan administrasi penyelenggaraan pemilu.,” katanya.
Sengketa proses itu terjadi, saat KPU Kabupaten Pati tidak mengakomodir PAN Kabupaten Pati sebagai peserta Pemilu 2019 dengan Berita Acara (BA) Nomor 318/BA/kpu-kab.pati/X/2018. Itu karena PAN terlambat menyerahkan laporan awal dana kampanye (LADK) ke KPU Kabupaten Pati, sampai batas waktu yang ditentukan, 22 September 2018. Dan sesuai dengan PKPU Nomor 24 tahun 2018, bagi parpol yang terlambat atau tidak menyerahkan LADK, dianulir dari kepesertaannya sebagai peserta Pemilu 2019.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla