Pati, Kota – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus menyelenggarakan seminar nasional progam studi (Prodi) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Kamis pagi (18/10/2018). Seminar tersebut, untuk membekali mahasiswanya, menghadapi tantangan era industri 4.0.  
Seminar nasional berthema ‘Menyiapkan Kompetensi Broadcasting Mahasiswa KPI di Era Industri 4.0’, itu mengikutsertakan mahasiswa Program  Studi  Komunikasi  dan  Penyiaran  Islam, Jurusan  Dakwah  dan  Komunikasi.

Wakil Rektor I IAIN Kudus Drs H Supa`at MPd mengatakan,  secara umum inti diselenggarakannya seminar nasional itu, untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, yang diharapkan dapat menyerap materi perkembangan media penyiaran di dunia yang berubah dengan cepat. “Diharapkan ada sesuatu yang baru. Antara lain dari pakar yang akan memberikan materi tentang broadcast, terutama kita memiliki distingsi atau kelebihan prodi lain di perguruan tinggi lain. Di PTKIN yang lebih mengutamakan kajian islami dakwah,” katanya.
Wakil Rektor I Rektor IAIN Kudus menuturkan, IAIN merasa perlu memperkaya pengetahuan-pengetahuan teknologli mutakhir, sehingga  melalui seminar nasional mampu membekali mahasiswa dengan kompetensi tambahan, menghadapi tantangan di masa mendatang. Selain, peninjau kembali kurikulum yang berstandar sesuai dengan kerangka kualifikasi nasional (KKN). “Jadi KKN yang baru itu merupakan acuan kita yang redesign, itu antara lain mengacu pada lulusan diberi kompetensi sesuai dengan bidang dan tantangan di luar. Maka, kurikulum 2017 kemarin yang sudah kita bukukan pada 2018 ini, yang saya sebut dengan redesign kurikulum KKN tadi. Jadi kurikulum kita yang berstandar itu dengan nama kerangka kurikulum nasional,” ujarnya.
Wakil Rektor I Rektor IAIN Kudus Drs H Supa`at MPd berharap, dengan kurikulum dan mata kuliah baru, secara otomatis akan ada inovasi baru. Karena pada dasarnya kurikulum, merupakan serapan dari segala hal yang terjadi di masyarakat, untuk diformulasikan dan diajarkan kepada mahasiswa.(●)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla