Gelar Apel Akbar Cinta Produk Wong Pati, Tingkatkan Minat Masyarakat

Pati, Margorejo – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) bersama Dewan Kerajianan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pati, menyelenggarakan apel akbar cinta produk wong Pati. Kegiatan itu menjadi bagian upaya pemerintah menumbuhkan semangat dan minat masyarakat Pati untuk mencintai produk daerah sendiri.
Penyelenggaran apel akbar cinta produk wong Pati itu, agar masyarakat benar-benar menyukai produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di daerahnya.

Dalam laporannya pada apel yang diselengarakan di halaman Plaza Pragola, Sabtu (17/11/2018), Kepala Disdagperin Kabupaten Pati Riyoso mengatakan, penyelenggaraan kegiatan tersebut, sebagai tindak lanjut pelaksanaan Peraturan Bupati Pati Nomor 29 tahun 2015, yang ditindaklanjuti dengan pencanangan Bupati Pati tentang tekad produk wong Pati, serta peluncuran aplikasi belanja melalui internet ‘Goleh’ (Gowo oleh-oleh) pada 14 Agustus 2018 lalu. “Tujuannya menumbuhkan semangat dan minat masyarakat Pati lebih mencintai produk wong Pati atau daerahnya sendiri, dalam meningkatkan UMKM. Disamping sebagai gerakan cinta produk wong Pati,” ujar Kepala Disdagperin Riyoso.
Bupati Haryanto pada apel akbar cinta produk wong Pati berharap, gerakan yang dicanangkan melalui apel akbar tersebut, dapat membantu UMKM dan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya. “Dengan berbagai regulasi kami lakukan, pada awal saya menjabat produk batik yang dulu tidak banyak yang diminati melalui peraturan bupati setiap Kamis wajib batik mina tani. Beberapa tahun kemudian juga menerbitkan peraturan, yang mewajibkan PNS menggunakan sepatu produk Desa Sewaduk,” katanya.
Bupati Pati Haryanto berharap, dengan mencintai dan menggunakan produk daerah sendiri, dapat meningkatkan perekonomian warga Kabupaten Pati.
Usai apel akbar cinta produk wong Pati, sekitar dua ribuan peserta apel mengikuti jalan santai sejauh dua kilo meter. Namun sayangnya, jalan santai itu sempat memacetkan lalulintas di jalan raya pantura di Pati untuk beberapa menit lamanya.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla