Kemendes PDT Dan Transmigrasi Sosialisasikan Program Pembangunan Desa

Pati  –  Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes, PDT dan Transmigrasi) mensosialisasikan empat prioritas programnya, kepada seluruh Kades di Kabupaten Pati, Selasa (8/8). Kemendes PDT dan Transmigrasi RI menawarkan kepada desa-desa di Kabupaten Pati, seperti produk unggulan kawasan desa, pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUDes), pembangunan embung desa, pembangunan sarana prasarana olah raga desa.

Dirjen Pengembangan Ekonomi Kawasan Perdesaan Kemendes PDT dan Transmigrasi RI, Dr. Faizul Ishom, S.Si kepada radio PAS berharap, dalam pengelolaan dana desa sebagaian bantuan keuangan yang diterimanya tersebut desa dapat menggunakan untuk pembangunan embung. Hanya saja perlu persetujuan berdasarkan rembug desa, dan di-Perdes-kan.
"Yang terpenting pemanfaatannya. Jadi kalau memang tidak bermanfaat, ya jangan dibangun. Targetnya bagaimana embung itu dibangun dan bermanfaat. Karena output bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa agar bisa maju, mandiri dan sejahtera. Kalau memang ada embung yang tidak bermanfaat bisa menjadi bermanfaat dengan direhabilitasi,” katanya.
Faizul Ishom menegaskan,  bagi desa-desa yang belum ada embung dan merasa perlu, pihaknya mempersilahkan untuk membangun. Dan yang terpenting, hasil pembangunan embung tersebut lebih kepada azas kemanfaatannya, bukan sekedar hanya membangun.
“Kalau membangun kemudian mangkrak, nantinya akan menjadi temuan audit, yang akan merugikan desa bersangkutan. Itu yang harus kita hindari. Makanya, semuanya dalam pemanfaatan dana apapun dari Pemerintah, harus didasari Musyawarah Desa. Karena masyarakat desa yang mengerti prioritas pembangunan desanya, dan tergantung kebutuhan desa setempat,” katanya.
Dari empat prioritas kegiatan Kemendes PDT dan Transmigrasi tersebut, kata Dirjen Pengembangan Ekonomi Kawasan Perdesaan, Dr. Faizul Ishom, S.Si memberikan keleluasaan kepada desa bersangkutan untuk memilih, sesuai kebutuhan dan dana yang dimiliki desa, dengan mempertimbangkan azas manfaat.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla