Pati, Kota – Ikatan Keluarga Kabupaten Pati (IKKP) kini sedang menyiapkan pemuda di daerahnya menjadi generasi muda yang tangguh. Anak-anak muda yang berprestasi dari berbagai SMA di Pati itu, untuk mengikuti pendidikan karakter pemuda mempesiapkan diri seleksi masuk akademi militer, akademi kepolisian maupun akademi-akademi lainnya.
Pendidikan karakter pemuda itu merupakan langkah dini IKKP mempersiapkan generasi muda yang memiliki tanggung jawab terhadap bangsa dan negaranya. Dalam pelaksanaannya, IKKP bekerjasama dengan Kodim 0718/Pati dan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati.

Ketua Umum IKKP yang juga anggota Komisi II DPR RI Firman Soebagyo mengatakan, berdasarkan survei media masa New York Times menyebutkan, anak-anak muda sekarang (milenial) terindikasi memiliki kelemahan yang luar biasa, yang akan merugikan diri sendiri. “Oleh karena itu dengan adanya konsekuensi globalisasi baik ekonomi, politik dan kemudian juga konsekuensi dari pada kemajuan teknologi, kita perlu untuk melakukan pendidikan pendidikan karakter muda. Agar anak muda model menyadari tentang jati dirinya, bahwa mereka adalah bagian dari bangsa Indonesia,” ujarnya.
Firman Soebagyo mengatakan, pendidikan karakter pemuda ini dilakukan agar kedepan membuahkan anak-anak muda yang memiliki karakter, yang betul-betul siap sebagai garda terdepan pertahanan negara. Kegiatan itu juga bagian dari regenerasi tokoh-tokoh nasional senior Pati  di Jakarta yang mulai memasuki masa pensiun. “Namun dari kegiatan ini yang sebanyak 30 orang, memang kita tidak bisa menjamin bahwa mereka itu bisa lolos semua. Tetapi IKKP akan mencoba mencari terobosan-terobosan melalui jalur-jalur lain lain, agar bisa mengabdikan diri mungkin di IPDN, mungkin di Akademi keimigrasian mungkin juga di Akademi Kepolisian dan lain sebagainya. Agar kedepan itu mereka ada dimana-mana untuk ikut menjaga keutuhan NKRI ini,” harap Firman Soebagyo.
Pendidikan karakter pemuda yang dibina oleh pelatih dari Akademi Militer Magelang itu, akan berlangsung  selama dua bulan dengan 24 Kali pendidikan, menggunakan standart yang diberikan untuk pendidikan masuk di Akademi Militer, dengan pelatihan fisik.
Ketua Umum IKKP Firman Soebagyo menambahkan, penyelenggaraan pendidikan karakter pemuda, bentuk tanggung jawab dan kontribusi orang-orang Pati yang ada di Jakarta kepada masyarakat Pati. Serta memotivasi orang-orang Pati di Jakarta lainnya agar bergabung dan memberikan kontribusi pemikiran yang produktif bagi generasi muda di Pati.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla