Pati, Kota – Penerimaan bilik dan kotak suara oleh KPU Kabupaten Pati, mendapat pengawasan dari Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) setempat. Pengawasan lebih difokuskan terhadap jumlah total dan kondisi logistik yang diterima.
Sejak sepekan terakhir ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati mulai menerima pengiriman logistik untuk keperluan Pemilu Serentak 2019. Terutama, untuk bilik dan bilik suara.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Pati Suyatno mengatakan, pihaknya dalam pengawasan lebih terhadap jenis, jumlah dan kondisi logistik kebutuhan pemilu. “Dari bilik suara itu sudah cukup, 8.549 buah terus dari sisi kotak suara itu sudah mencapai 22.067 buah, yang sudah terkirim 16.426 buah, dan yang masih tunggu kekurangan kotak sejumlah 5.650 buah,” katanya.
Suyatno mengambahkan,  pada pelaksanaan pemilihan mendatang, jajaran Badan Pengawas Pemilu bersama jajarannya juga akan bertambah tugas. Dari yang dulu menjadi kewenangan petugas KPPS, untuk penyegelasan kotak dan berkas-berkas hasil pemilihan akan diambil alih oleh Bawaslu dan jajarannya di tingkat TPS. “Dan nantinya yang menyegel rencananya dari Bawaslu bukan dari PPK, segelnya juga berlambang Bawaslu,” katanya.
Selain soal pengiriman dan segel, kata Komisioner Bawaslu Kabupaten Pati Suyatno ketepatan jumlah dan kualitas barangnya, hingga di tempat tujuan atau di tempat pemungutan suara (TPS) menjadi pengawasannya.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla