Pati, Margorejo – Woman Inspiration Ga Ge Go Organik (WI-3GO) Pati melatih warga SLB Negeri (guru, orang tua, dan siswa) membuat tepung mocaf dan olahannya. Pelatihan ini  dilakukan  agar anak-anak berkebutuhan khusus, terutama autis yang bersekolah di SLB  menghindari konsumsi makanan dari tepung non glutine.
Pelatihan sehari di ruang kelas SLB Negeri Pati di Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo Kamis siang (22/11/2018) itu, menghadirkan narasumber dari Woman Inspiration Ga Ge Go Organik (WI-3GO), dan Ketua KWT Mekar Makmur Desa Payak Kecamatan Cluwak Eka Pulihati.

Koordinator 3GO Pati Eny Prasetyowati mengatakan,  tujuan dari pelatihan itu, agar guru, orang tua, dan siswa bisa mengerti apa itu tepung mocaf. Karena yang masyarakat tahu kebanyakan tepung terigu. ”Tepung mocaf ini adalah tepung yang lebih sehat, terbuat dari ketela dan itu non glutine. Ada sebagian anak berkebutuhan khusus, terutama autis itu memang harus diet dan tidak boleh makan yang berglutine. Kalau dia makan yang berglutine menjadi hiperaktif dan menjadi sakit badannya. Jadi ini memang pelatihan ini sangat pas disini,” ujarnya.
Eny Prasetyowati mengatakan, untuk pembuatan tepung mocaf ini, sangat sederhana dan mudah. Hanya membutuhkan irisan ketela pohon, air dan zat stater mocaf. Hanya saja, untuk pembuatan tepung mocaf ini, lebih baik dilakukan pada saat musim kemarau seperti sekarang ini. Pasalnya, mocaf akan kering sempurna karena sinar matahari. “Tepung mocaf ini bahannya adalah ketela yang dikupas dan diiris-iris tipis yang direndam menggunakan air yang sudah dicampuri stater mocaf. Jadi nanti kita rendam semalam saja, kalau airnya sudah tercium seperti ragi tape atau kecut, kemudian diambil irisan dari ketela itu kita jemur. Setelah itu baru  bisa dihaluskan untuk dijadikan tepung,” kata Eny Prasetyowati.
Koordinator 3GO Pati Eny Prasetyowati mengatakan, olahan mocaf seperti yang diajarkan kepada peserta pelatihan tersebut, diantaranya dapat dibuat untuk penganan tiwul, kue kering, kue basah, serta untuk gorengan tempe, udang, ayam dengan rasa yang enak ketimbang tepung terigu.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla