Pati, Kota – Anggaran penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pati mencapai milyaran rupiah. Untuk menutupi kekurangan anggaran itu, desa-desa yang menyelenggarakan bisa menggunakan swadaya masyarakat dan pihak ketiga.
Pemerintah Kabupaten Pati telah menyiapkan alokasi anggaran untuk penyelenggaraan pilkades serentak di 61 desa di daerahnya. Bantuan anggaran untuk desa-desa penyelenggara pilkades yang bersumber dari APBD tersebut, untuk pengadaan kartu suara, bilik suara, dan honorarium panitia. Sedang biaya rapat dan pengadaan konsumsi belum teranggarkan.

Usai pembekalan bakal calon kades dan calon kades di Pendopo Kabupaten Pati, Kamis (22/11/2018), Bupati Haryanto mengatakan, untuk pemenuhan biaya yang belum teranggarkan itu, bisa menggunakan swadaya masyarakat atau bantuan pihak ketiga maupun dari calon itu sendiri. “Oleh karena itu sesuai dengan Permendagri, Perda dan Perbup diperbolehkan untuk mengadakan swadaya.  Swadaya itu sesuai dengan Perbup berdasar jumlah penduduk. Kalau jumlahnya banyak maksimal Rp15ribu, tengah-tengah itu Rp25ribu,  dan yang memang penduduknya sedikit itu maksimal Rp30ribu. Tapi rincian itu sudah sesuai dengan kewajaran,” ujarnya.
Dihadapan 176 bakal calon kades dan calon kades, Bupati Pati Haryanto meminta Panitia Pilkades Pucakwangi Kecamatan Pucakwangi untuk merevisi swadaya yang hendak dibebankan kepada calon kades yang dinilai terlalu memberatkan.  “Tapi ada juga desa yang tidak menarik, jadi mereka mencukupkan bantuan dari Pemkab saja. Karena, pertama sudah dapat bantuan, desa mempunyai PAD. Kalau desa tidak punya PAD kan boleh swadaya. Swadaya yang maksimal itu Rp100juta, tapi saya suruh merevisi, Desa Pucakwangi itu saya suruh merevisi, akan diturunkan sesuai kebutuhan, meski belum melebihi batasan ketentuan Perbup senilai Rp15ribu.  Tapi alangkah baiknya diturunkan,” ujarnya.
Pada pelaksanaan pilkades serentak 15 Desember 2018 mendatang, sejumlah desa calon kadesnya merupakan pasangan suami istri. Seperti Desa Pelemgede Kecamatan Pucakwangi, Desa Karangmulyo Kecamatan Tambakromo, dan Desa Jontro Kecamatan Wedarijaksa.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla