Pati, Kota – Pendidikan inklusi kini menjadi perhatian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati. Disdikbud kini kembali melatih belasan guru sekolah dasar untuk menjadi guru pendamping khusus inklusi.
Workshop pendampingan inklusi SD tingkat Kabupaten Pati yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati itu, diikuti lima belas orang guru SD dari sekolah-sekolah yang ditunjuk. Workshop atau pelatihan sehari itu, berlangsung di SDN Pati Lor 2, Jumat (23/11/2018).

Sekretaris Disdikbud Kabupaten Pati Saryono mengatakan, pelatihan atau workshop itu untuk menyiapkan kembali guru-guru pendamping inklusi bagi anak-anak berkebutuhan khusus, agar dapat kembali bersekolah, di lima belas sekolah yang ditunjuk untuk menjadi sekolah inklusi. “Program pelatihan ini sudah berjalan sudah lima tahun. Jadi, saya rasa sekolah-sekolah inklusi sudah bisa melakukan pembelajaran anak-anak yang berkebutuhan khusus, mulai dari tuna grahita, tuna netra, dan tuna rungu. Nanti kita pilah, nanti yang masih bisa mengikuti pembelajaran di sekolah inklusi itu akan kita tampung,” katanya.
Saryono menambahkan, sembari menyiapkan tenaga pendidik (guru) pendamping inklusi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) juga akan menggalakan dan mencari anak berkebutuhan khusus, sesuai harapan pemerintah bisa kembali bersekolah. “1:10 Saat ini Pemerintah menetapkan beberapa sekolah di Kabupaten Pati itu yang diberi Surat Keputusan (SK) oleh Kepala Disdikbud untuk menjadi sekolah inklusi. Sekolah ini menampung anak-anak berkebutuhan khusus. Disamping itu, kita mengidentifikasi anak-anak mana yang bisa bersekolah di sekolah inklusi. Ini karena SLB itu di Pati hanya ada dua. Satu di Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo, dan satu  lagi di daerah Kecamatan Sukolilo,”  ujarnya.
Sekretaris Disdikbud Kabupaten Pati Saryono mengatakan, setiap tahun pihaknya menyelenggarakan workshop pendamping inklusi kepada guru SD dan SMP, yang sudah berjalan selama lima tahun hingga sekarang.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla