Pati, Dukuhseti – Sering terlambat datangnya bantuan saat terjadi bencana, termasuk kecelakaan laut, membuat relawan di kawasan utara Pati, mendirikan posko. Meski dengan perlengkapan peralatan, setidaknya keberadaan posko tanggap bencana itu, lebih cepat bergerak untuk membantu korban bencana maupun kecelakaan laut.

Selama ini, saat terjadi bencana alam seperti puting beliung maupun kejadian lainnya, termasuk kecelakaan laut, bantuan sering mengandalkan dari Pati. Karena jaraknya yang jauh, berdampak bantuan pertolongan sering terlambat sampai di tempat tujuan. Untuk itu, seorang warga yang sudah lama berkecimpung di kegiatan bantuan pertolongan (relawan), tergerak untuk mendirian posko tanggap bencana di Desa Banyutowo Kecamatan Dukuhseti.
“Disini itu enggak ada pos khususnya di Pati kawasan utara, kalau ada bencana itu terlalu menunggu bantuan dari Pati, terutama kalau ada kecelakaan laut, kita menunggu dari Pati. Jadi yang dari Pati sering terlambatnya sehubungan jauh perjalanannya sehingga kalau ada kecelakaan laut sering meminjam perahu nelayan. Saya kejar ke tengah laut,” demikian Ali Anggur seorang relawan warga Desa Banyutowo Kecamatan Dukuhseti yang menggagas pendirian posko tanggap bencana di wilayah Dukuhseti.
Ali menambahkan, pendirian posko tanggap bencana itu berdasarkan hasil musyawarah dan rembug bersama warga dari beberapa relawan. Hanya saja setelah berdiri, posko tersebut masih membutuhkan fasilitas penunjang lainnya. Seperti gergaji mesin, maupun perahu cepat. “Seperti shinesaw itu terpaksa pinjam semua, dan kita berharap punya perahu speedboat sendiri, sehingga kalau ada kecelakaan laut relawan Pati Utara bisa mengejar hingga ke tengah. Harapanya mengharap bantuan donatur maupun instansi terkait semoga bisa membantu atau mendorong berdirinya pos ini,” terangnya.
Operasionl posko tanggap bencana di Desa Banyutowo Kecamatan Dukuhseti itu, saat ini berjalan atas biaya swadaya penggagas Ali Anggur, sementara pihaknya belum berani membebani iur dari para relawan lainnya. Apalagi mereka bekerja tanpa upah dari mana pun.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla