Pati, Dukuhseti – Seorang nenek korban puting beliung yang merobohkan rumahnya kini justru tinggal di bawah pohon mangga. Karena bantuan dari pemerintah, belum cukup untuk memperbaiki rumahnya.
Sudah dua pekan ini sejak rumahnya roboh diterjang puting beliung, nenek Rukati warga Dukuh Slempung Desa/Desa Dukuhseti nekat tinggal di bawah pohon mangga. Rumah nenek berusia 70 tahun itu, hingga sekarang belum ada yang memperbaiki.

Rukati, nenek renta yang rumahnya roboh mengaku, tetap bertahan di bekas reruntuhan rumahnya setelah diterjang puting beliung pada, Sabtu (10/11/2018) lalu. Hanya ada terpal yang dibuat untuk pelindung dari hujan. Untuk menjalani kehidupan sehari-harinya, janda yang hidup sebatang kara itu hanya duduk-duduk dan tidur dikursi yang berada dibawah pohon, sambil mengawasi dua ekor kambing piaraannya. “Ya tidur disini lah, baru masuk ke rumah  jika ada hujan. Kepinginnya segera dibangun, tapi belum ada uangnya,” ujarnya lirih dalam bahasa Jawa.
Ketua RT setempat Sudarno mengatakan, sebenarnya sudah ada bantuan dari pihak terkait, seperti uang tunai, sembako, empat lembar seng dan triplek, tenda serta tikar, bantuan dari PMI, Dinsos, dan BPBD Pati. Meski sudah ada, namun menurutnya bantuan tersebut tidak cukup untuk mendirikan rumah baru. Meskipun kayu-kayu penyangga rumah masih ada beberapa yang terlihat utuh, tapi kondisinya sudah banyak yang rapuh. Sehingga sangat beresiko jika digunakan untuk membangun ulang dengan material yang demikian.
”Selain itu juga pamali kata orang desa, membangun ulang dengan material reruntuhan. Sebenarnya kita warga sekitar juga sudah berencana iuran untuk mendirikan rumah. Tapi informasinya pihak desa sudah mengajukan bantuan ke pemerintah. Namun hingga sekarang kok belum ada realisasi,” kata Sudarno.
Sementara Kepala Desa Dukuhseti Sukarji membenarkan adanya pengajuan proposal bantuan. Saat ini pihaknya masih menunggu jawaban dari Dinas Sosial Pati terkait pencairan dana untuk membantu warganya itu. Hal ini masih menunggu pembuatan rekening Rukati di Bank Jateng.
“Belum Pak, kami masih menunggu dari Dinas Sosial. Tadi saya konfirmasi ke dinas, informasinya masih menunggu pembuatan nomor rekening Bu Rukati di BPD Jateng. Harapannya, bantuan ini segera cair lah,” jawab Sukarji.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla