Pati, Kota – Peringatan Hari Guru Nasional 2018 tingkat Kabupaten Pati, berlangsung di Alun-Alun Simpang Lima Pati, Senin pagi (26/11/2018). Pada peringatan itu, para guru kembali diingatkan akan tugas utamanya, mendidikan, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi setiap peserta didiknya.
Profesi guru sangat lekat dengan integritas dan kepribadian. Untuk itu guru hendaknya selalu meningkatkan kualitas agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Saat menjadi Inspektur Upara padaa peringatan Hari Guru Nasional 2018, Bupati Pati Haryanto membacakan sambutan Mendikbud RI Muhadjir Effendy mengatakan, revolusi industri keempat yang sudah merambah ke semua sektor kehidupan, harus disikapi dengan arif karena telah mengubah peradapan manusia secara fundamental. “Untuk itu diperlukan guru yang profesional, guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang supercepat untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan, untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dengan kompetensi global,” ujarnya.
Walau teknologi informasi berkembang cepat, dan sumber-sumber belajar mudah diperoleh, kata Mendikbud Muhadjir Effendy dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Haryanto, peran gurru sebagai pendidik tidak tergantikan oleh kemajuan teknologi tersebut. “Tugas guru sebagai pendidik adalah menanamkan nilai-nilai dasar pengembangan karakter peserta didik dalam kehidupannya. Termasuk dalam pemanfaatan kemajuan teknologi informasi secara bijak serta sebagai inspirator bagi anak didiknya. Saat ini kurang bijak rasanya, jika hanya menyalahkan dahsyatnya perkembangan teknologi informasi. Kita harus mampu mengarahkannya menjadi potensi positif alih-alih terkena dampak negatifnya,” katanya.
Selain pengibaran bendera merah putih, pembacaan Pancasila dan UUD’45, pada upacara peringatan Hari Guru Nasional 2018 tersebut, juga dibacakan sejarah singkat terbentuknya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), dan ikrar guru Indonesia. Selesai upacara, Bupati Haryanto didampingi pejabat Forkompinda, Sekda dan Ketua PGRI menyerahkan penghargaan kepada pelajar berprestasi tingkat Jawa Tengah dan  nasional.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla