Pati, Kota – Hasil penelitian sebuah lembaga pemerhati pemilu menyatakan pelaksanaan pemilu demi pemilu di Indonesia, belum terlalu akses bagi para penyandang disabilitas. Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati, kembali menyosialisasikan pemilu akses, sehingga antusias penyandang disabilitas pada Pemilu 2019, benar-benar bisa memberikan hak suaranya di TPS dengan mudah.  
Lembaga Pemerhati Pemilu Agenda merilis  hasil kajian dan penelitiannya yang menyebut beberapa kali penyelenggaraan pemilu belum terlalu akses terhadap penyandang disabilitas. Meski secara regulasi hal itu sudah diupayakan pengaturan tata letak lokasi TPS, penempatan bilik suara dan kotak suara  secara detail.

“Tapi secara detail dalam pelaksanaannya belum menjadi perhatian yang serius oleh teman-teman jajaran  tingkat KPPS. Nanti di 2018 ini kita bisa memperbaiki, setidaknya data yang dirilis oleh Agenda terkait dengan pemilu yang akses itu bisa kita perbaiki. Itu angkanya ada dikisaran 20% -- 30% harapan kita ya setidaknya itu terbalik. Yang akses itu besar, sedang yang belum akses kecil,” demikian Komisioner KPU Kabupaten Pati Divisi Teknis Supriyanto, di sela-sela sosialisasi Pemilu 2019 bagi penyandan disabilitas, di aula KPU setempat, Kamis (29/11/2018).
Selain pemilu akses dan tahapan-tahapan pemilu, tutur Supriyanto, KPU juga mengenalkan para calon legislatif, baik DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Pati kepada lima puluh penyandang disabilitas dari berbagai perkumpulan. Seperti PPDI, ADEKO, PERTUNI, dan DEKO.
“Materi juga mengarah pada pengenalan terhadap lima jenis surat suara untuk Pemilu 2019. Harapannya, penyandang disabilitas lebih mudah untuk memberikan suaranya pada lima jenis surat suara yang berbeda,” terangnya.
Komisioner KPU Kabupaten Pati Divisi Teknis Supriyanto mengapresiasi antusias para penyandang disabilitas, untuk mengikuti sosialisasi tersebut. Diakhir sosialisasi, penyandang disabilitas mendeklarasikan sikapnya untuk menyukseskan Pemilu 2019 dengan membubuhkan tanda tangan.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla