Pati, Kota – Anggota DPRD dan penyandang disabilitas mengapresiasi upaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati yang telah memfasilitasi memberikan pemahaman soal pemilu akses kepada penyandang disabilitas. Fasilitasi itu, tentu akan membantu antusias penyandang disabilitas untuk memberikan suaranya pada Pemilu 2019.
Untuk memahamkan dan memudahkan penyandang disabilitas memberikan hak suaranya di TPS, KPU Kabupaten Pati menyosialisasikan tahapan Pemilu 2019 dan pemilu akses kepada mereka.

Perwakilan para penyandang disabilitas yang juga Ketua PPDI Suratno  mengatakan, pemilu akses dari pelaksanaan demi pelaksanaan pemilu yang berjalan, menunjukkan peningkatan akses bagi penyandang disabilitasnya saat menggunakan hak suaranya. “Para penyandang disabilitas berharap, petugas PPS untuk proaktif dalam membantu penyandang disabilitas saat pemilihan suara. Seperti kehadiran seorang penyandang disabilitas tidak menanyakan tentang apa disabel yang disandangnya. Setidaknya juga memberikan kesempatan lebih dulu kepada penyandang disabilitas. Untuk KPU harus memberikan pengarahan kepada petugas PPS untuk lebih aktif lagi, dan lebih memahami disabilitasnya,” katanya.
Dengan sosialiasi itu, kata perwakilan penyandang disabilitas Suratno, orang-orang dengan disabilitas yang dimilikinya, semakin terarah dan partisipasi dalam menggunakan hak suaranya semakin meningkat.  
Ketua Komisi A DPRD Pati Adji Sudarmadji juga mengapresiasi upaya KPU yang telah memfasilitasi para penyandang disabilitas tersebut. Menurut Adji Sudarmadji, penyandang disabilitas memang perlu fasilitasi sosialisasi UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Sehingga mereka tahu bagaimana menggunakan hak pilihnya. “Saya rasa secara teknis nantinya KPU harus wajib menyampaikan itu. Apakah penyandang disabilitas terutama tuna netra bisa didampingi petugas penyelenggara, keluarga, atau orang yang dipercaya di TPS perlu disosialisasi, dan secara umum harus disampaikan kepada kaum disabilitas,” ujar Adji Sudarmadji.
Apreasiasi patut diberikan kepada KPU, kata Anggota DPRD Kabupaten Pati Fraksi Partai Golkar Adji Sudarmadji, karena selama ini dari pengamatannya,  semangat dan antusias penyandang disabilitas untuk ikut meramaikan pesta demokrasi pemilu tinggi perhatiannya.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla