Pati, Kota – Satuan Tugas Pangan (Satgas Pangan) Polres Pati melakukan pemantauan terhadap perkembangan harga kebutuhan pokok masyarakat, di sejumlah pasar tradisional di wilayahnya. Pantuan ini, untuk mengetahui ada tidaknya lonjakan harga di pasar tradisional.
Pemantauan terhadap barang kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) itu, untuk mengantisipasi gejolak kenaikkan harga barang kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) menjelang natal dan tahun baru.

Kasat Reskrim Polres Pati yang juga Ketua Satgas Pangan AKP Yusi Andi Sukmana mengatakan, pantauan di sejumlah pasar-pasar tradisional itu agar tidak ada penyimpangan yang dilakukan oleh produsen, maupun pengepul yang dampaknya akan merugikan masyarakat.
“Kita tentunya akan klarifikasi bersama stakeholder yang lainnya, untuk melakukan upaya-upaya pencegahan. Kalau nanti ada kenaikkan harga-harga kita akan lakukan teguran sampai klarifikasi,” ujarnya.
Kabid Perdagangan Disdagperin Kabupaten Pati Rekso Suhartono mengatakan, dari pantuannya bersama Satgas Pangan Polres Pati dan Bulog Subdivre Pati, harga barang kebutuhan pokok masyarakat di dua pasar sasaran cendurung stabil. Meskipun, harga bawang merah yang naik lima ratus rupiah per kilo gram. “Untuk beberapa kepokmas cenderung stabil. Cuma ada kenaikkan sedikit terutama bawang merah. Yang lainnya seperti bawang putih, cabe, dan telur cenderung malah turun,” jelasnya.
Baik Satgas Pangan Polres, Disdagperin maupun Bulog Subdivre Pati berharap pedagang tidak menaikkan harga dengan seenaknya, agar terhindar dari sanksi hukum.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla