Songsong HUT Kemerdekaan RI, KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Berbagi Sesama

Pati – Banyak ragam memperingati dan memaknai peringatan HUT Kemerdekaan RI.  Ada yang menggelar berbagai kegiatan lomba, ada pula yang memperingatinya dengan berbagai sesama anggota koperasi, seperti yang dilakukan KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Pati. KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Pati memanfaatkan peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-72 dengan berbagi dari anggota di KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Cabang Jekulo Kabupaten Kudus, Rabu (9/8). Yakni dengan memberikan bantuan paket sembako dan bantuan modal usaha Qordhul Hasan.

Ketua Pengurus KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Pati, Sutaji mengatakan, berbagi sesama anggota koperasi yang dikelolanya tersebut, bentuk konsisten dan komitmennya mendukung program-program pemerintah, dalam hal ini Dinas Koperasi dan UMKM. Karena visi dari KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah menjadi KPPS yang unggul dan terpercaya.
“Artinya bagaimana kita menjadi koperasi yang di dalam binaan Dinas Koperasi dapat dipercaya oleh masyarakat. Sehingga tidak seperti koperasi yang abal-abal. Kami ingin KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah selalu mengikuti regulasi-regulasi yang dikeluarkan pemerintah,”  jelasnya.
Direktur Utama KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Pati, Muhammad Ridwan menuturkan, program berbagai sesama, dari anggota untuk anggota tersebut, melibatkan seluruh anggota KSPPS yang tersebar di 24 cabang. Dan untuk menyemarakan peringatan HUT Kemerdekaan RI, pihaknya menyerahkan paket bantuan sembako kepada 26 anggota, dan bantuan dana bergulir qordhul hassan masing-masing Rp. 1juta kepada 6 anggota koperasi.
“Qardhul Hasan sendiri berasal dari zakat lembaga, dan zakat sumbernya. Kemudian digunakan untuk start up. Artinya pengusaha kecil yang mungkin terbentur rentenir, sehingga agak berat berkembang. Misalnya kita kasih Qordhul Hasan satu juta rupiah, sama sekali tidak ada bagi haslinya. Namanya Qod itu simpanan, dia  hanya mengembalikan pokoknya saja.  Setelah kembali ke pokok,  tidak menjadi milik Fastabiq Khoiro Ummah, tapi diganti untuk ke saudara-saudara yang lain,” terangnya.
Eksistensi KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Pati, tutur Direktur Utama Koperasi tersebut, Muhammad Ridwan, karena lebih mengimplementasikan manajemen  mutu ISO  9001 2008. Selain menerima apresiasi Koperasi Award 2016 dari Pemerintah Pusat, KSPPS Fatabiq Khoiro Ummah Pati yang sudah berdiri sejak 20 tahun lalu, berhasil menyabet penghargaan di tingkat Asia Tenggara,  yakni Asean Impact Challenge 2016, atas keberhasilanya memotivasi dan melatih 40 pemuda, hingga mendapat pekerjaan dan berhenti miskin.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla