Pati, Kota - Masyarakat pemilih di Kabupaten Pati masih perlu dipahamkan soal Pemilu 2019. Apalagi model Pemilu 2019 mendatang berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya, kecuali cara memilihnya dengan mencoblos.
Pada Pemilu Serentak 2019 mendatang, banyak yang baru. Karena pelaksanaan pemilihan presiden dan anggota legislatif akan berlangsung bersamaan. Untuk itu, semua hal baru yang ada diregulasi kepemiluan bukan sekadar disosialisasikan saja, tapi masyarakat juga harus dipahamkan.

Pada acara Sosialisasi Monitoring dan Pengawasan Regulasi Kepemiluan di Hotel Safin Pati, Kamis (6/12/2018), Anggota Komisi II DPR RI Sutriyono mengatakan, kualitas dan hasil penyelenggaraan Pemilu menjadi harapan bangsa Indonesia. Untuk itu salah satunya dengan sosialisasi monitoring terhadap tahapan dan jadual Pemilu, maupun pengawasan regulasi kepemiluan kepada masyarakat sebagai pemilih. "Harapannya seluruh warga bisa memahami konteks itu karena ini pemilu serentak yang pertama kali," ujarnya.
Sutriyono, anggota DPR RI asal Dukuh Slempung Desa/Kecamatan Dukuhseti mengatakan, dengan basis UU yang baru tentu berbeda dengan UU Pilkada, sehingga masih banyak masyarakat yang bingung. Sutriyono mencontohkan TPS yang dulu untuk 400 pemilh , tapi pada Pemilu 2019, berubah maksimal 300 pemilih per TPS. Serta adanya perubahan pengawas di tingkat TPS, serta juga perubahan kelembagaan Bawaslu, dan surat suara dengan jumlah partai dan caleg yang banyak. “Jadi begini surat suara lebar karena jumlah parpol banyak, dan jumlah caleg masing-masing parpol. Mohon maaf ya, yang orang tua itu aja belum bisa membedakan, ini kertas untuk DPR DPRD dan DPD walaupun beda warnanya. Hanya saja pengalaman grogi itu ada,”
Anggota Komisi II DPR RI Sutriyono mengatakan, dia ikut bertanggung jawab untuk memastikan Pemilu 2019 yang berpedoman pada UU Nomor 7 tahun 2017 nanti bisa berjalan dengan baik sebagai sarana proses demokrasi yang berkualitas.
Selain tokoh masyarakat, tokoh agama, dan perwakilan PPK, acara sosialisasi monitoring dan pengawasan regulasi kepemiluan itu, juga mengikutsertakan pemilih-pemilih perempuan.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla