Pati, Margorejo – Ratusan tanaman hasil pengerdilan atau yang sering disebut bonsai, dipamerkan di halaman Plaza Pragola Pati. Pameran yang diselenggarakan Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) ini, akan berlangsung hingga Minggu mendatang (9/12/2018).
Halaman Plaza Pragola Pati, sejak Senin lalu (3/12/2018) berupa menjadi taman bonsai. Pasalnya, para pecinta tanaman bonsai dari kawasan karesidenan Pati maupun luar Jawa Tengah, menggelar pameran bonsai tersebut.

Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kabupaten Pati Dwi Suyono mengatakan, pameran tersebut untuk kembali menarik masyarakat terhadap hasil seni membonsai dari berbagai jenis tanaman. “Biasanya kami mengadakan kontes dan pameran itu lokal Pati dan sekitar. Tapi kini kita mencoba untuk mengadakan lagi tingkat karisidenan. Ini peserta dari karesidenan ditambah Demak Tuban dengan 170 bonsai,” katanya.
Dwi Suyono mengatakan, membonsai memiliki keasyikan seni tersendiri, dengan harga jual tanaman bonsai yang mencapai hingga ratusan juta rupiah. Karena untuk menghasilkan bonsai yang artistik dan harga jual tinggi, perlu ketelatenan dan kesabaran dalam membentuk bonsai yang artistik. “Selain pameran kegiatannya, kita mengadakan bursa. Di mana bursanya itu ada yang dari Madura, Rembang kemudian Kudus dan sisanya Pati. Sedang kontes itu kelas A itu barang jadi dan kelas B bonsai prospek,” ujarnya.
Ketua PPBI Kabupaten Pati Dwi Suyono berharap, melalui pameran itu pihaknya bersama para penggemar bonsai di Pati, dapat meningkatkan daya tariknya. Baik dari sisi artistik maupun jenis tanamannya.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla