6 KK Asal Pati Berangkat Transmigrasi ke Padang Tarok Sumatera Barat

Pati, Kota – Enam Kepala Keluarga (KK) dengan dua puluh sembilan jiwa asal Kabupaten Pati, akan berangkat bertransmigrasi dalam pekan-pekan ini. Mereka akan menempati lokasi transmigrasi di Padang Tarok Sp 1, Provinsi Sumatera Barat. Keberangkatan mereka di lepas oleh Bupati Haryanto.
Enam KK bersama anggota keluarganya yang berangkat bertransmigrasi itu, setelah mereka lolos dari seleksi di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pati. Salah satunya, niat mereka bertransmigrasi ke lokasi yang telah ditentukan oleh Pemerintah.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pati Tri Haryama mengatakan, keenam kepala keluarga bersama anak-anaknya itu sebelum diberangkatkan ke lokasi transmigrasi oleh Gubernur Ganjar Pranowo, lebih dulu akan singgah di asrama transito Dinas Transmigrasi Jawa Tengah semalam. “Senin (10/12/2018), rencana akan dilepas oleh Pak Gubernur. Dan perjalanan kurang lebih tiga malam dua hari menggunakan moda angkutan darat. Setelah sampai sana, diundi tempat tinggalnya. Kebetulan masing-masing KK mendapat dua hektar lahan garapan termasuk lahan pekarangan untuk rumah mereka,” tuturnya.
Tri Haryama menjelaskan, para transmigran selama membuka lahan hingga dapat memanen hasilnya, mereka akan mendapat Jaminanan Hidup (Jadup). Jaminan ini akan Pemerintah berikan kepada mereka selama delapan belas bulan.
Saat melepas warganya yang berangkat bertransmigrasi, Bupati Haryanto mengaku terharu dengan ketekadan dan kegigihan para transmigran untuk mengadu nasib di lokasi transmigrasi. “Karena dengan kegigihannya ini bisa mengubah nasib. Oleh karena itu yang terpenting anak-anak bisa sekolah di sana, ini sudah kita kasih bekal dan pengantarnya. Dan dibanding setahun lalu, warga Pati yang berangkat transmigrasi tahun ini lebih banyak. Dan mudahan di lokasi yang ditempati membawa berkah,” tuturnya.
Meski telah bertransmigrasi ke luar daerah, namun Pemkab Pati terus memperhatikan perkembangan mereka. Buktinya Bupati Pati Haryanto, telah memberikan bantuan Rp5juta dan peralatan pertanian kepada transmigran yang kurang beruntung atau belum berhasil.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla