Perpres Nomor 82 Tahun 2018 BPJS Kesehatan Tanggung Bayi Baru Lahir

Pati, Kota – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan secara nasional menanggung jaminan pelayanan bayi baru lahir, mulai 18 Desember 2018. Tanggungan jaminan pelayanan ini, diatur berdasar Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018.
Bayi yang baru lahir bisa didaftarkan sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Syaratnya, orang tua bayi tersebut sudah memiliki kartu Jaminan Kesehtan Nasional (JKN).

“Disini untuk peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) otomatis anak pertama hingga anak ketiga tinggal mendaftarkan saja. Karena iurannya sudah menyatu pada iuran 5% yang sudah menjamin suami istri dan tiga orang anak,” demikian Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pati Surmiyati, usai media gathering di Fave Hotel Rembang, Selasa kemarin (18/12/2018).
Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pati Surmiyati menambahkan, bila ada tambahan anggota keluarga dari peserta JKN-KIS itu, yakni anak satu sampai tiga tidak perlu tambahan biaya iur, cukup mendaftarkan saja ke BPJS Kesehatan.
“Bagi peserta mandiri, bagi orang tuanya menjadi peserta JKN wajib didaftarkan maksimal dalam waktu 28 hari sejak kelahirannya,” kata Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pati.
Pada kesempatan tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pati Surmiyati mengatakan, tanggungan jaminan pelayanan bayi baru lahir oleh BPJS Kesehtan itu merupakan implementasi dari terbitnya Perpres Nomor 82 tahun 2018 tentang jaminan kesehatan.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla