Waduk Gunungrowo Akan Dikeringkan Selama 3 Bulan

Gembong  –   Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, dalam beberap bulan terakhir ini akan mengeringkan Waduk Gunungrowo.  Ini berkaitan dengan perbaikan dan pemeliharaan berkala pada menara pintu pengambilan (intake) waduk tersebut. Pengeringan Waduk Gunungrowo tersebut rencananya akan berlangsung selama 3 bulan, mulai September mendatang. Dan selama pengeringan tersebut, air sudah  mulai dikeluarkan dari waduk di sepanjang aliran Waduk Gunungrowo.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU-TR) Pati, Suharyono, melaui Kasi Operasional dan Pemeliharaan Bidang Sumber Air, Sumarno, membenarkan rencana tersebut. Dan pihaknya telah menerima tembusan surat pemberitahuan rencana pengeringan tersebut, pada Kamis kemarin (10/8).  
“Pengeringan itu, terkait dengan perbaikan-perbaikan Waduk Gunungrowo. Dan saat ini, air waduk sudah dikeluarkan terus, sejak beberapa hari terakhir ini. Kalau tidak segera ditangani, berdampak waduk akan bocor terus,” jelasnya.
Sumarno menambahkan, untuk perbaikan itu lah, pihak BBWS diperlukan pengeringan lebih dulu. Meski berlangsung pengeringan,  pengeluaran air  telah dikoordinasikan dengan Paguyuban Petani Pemakai Air (P3A) Ngudi Rahayu. Sehingga petani dapat memanfaatkan air waduk, untuk keperluan irigasi tanaman pertanian.
“Air yang dikeluarkan itu, dialihkan untuk pertanian. Artinya, air yang masih tersisa di sungai-sungai di sepanjang aliran Waduk Gunungrowo, dapat memanfaatkan untuk tanaman pertaniannya. Terutama tanaman-tanaman pertanian palawija yang tidak banyak membutuhkan irigasi. Karena sekarang ini pengelolaan air, tidak oleh instansi, tapi oleh P3A yang memanfaatkan air dari Waduk Gunungrowo,” jelasnya.
Pengeringan Waduk Gunungrowo dengan mengeluarkan air yang masih tersisa ke sungai – sungai, tutur Kasi Operasional dan Pemeliharaan Bidang Sumber Air DPU-TR Pati, Sumarno optimis, para petani yang berada di sepanjang aliran waduk, bisa mengatur pola irigasinya. Karena pengeluaran air dari Waduk Gunungrowo berlangsung 24 jam, hingga akhir Agustus mendatang.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla