Pati, Kota – Pemerintah Kabupaten Pati telah menjawab keberatan terhadap hasil Pilkades Tegalharjo Kecamatan Trangkil, yang disampaikan salah satu calon kades. Sedang untuk proses tahapan pilkades selanjutnya tetap berlanjut hingga sampai dilantiknya kades terpilih yang definitif.
Sesuai batasan waktu pengajuan keberatan, proses tahapan Pilkades Tegalharjo tetap berlanjut. Pemerintah Kabupaten Pati pun, sudah memberikan jawaban kepada salah satu cakades yang keberatan terhadap hasil pilkades.

Asisten Tata Pemerintahan Sekda Pati Soediyono mengatakan, memang cakades bersangkutan memang mengajukan keberatan melalui kuasa hukumnya, dan pihaknya diberi waktu tiga hari untuk menjawabnya. “Sudah kita jawab, dan pilkadesnya jalan terus. Intinya, tidak terjadi kecurangan, dan selisih. Kan sudah ada mekanismenya. Meski terjadi selisih, tapi yang dihitung yang ada didalam kotak suara,” jelasnya.
Soediyono menambahkan, pihaknya mempersilahkan cakades bersangkutan manakala akan melakukan perlawanan hukum. Tapi tahapan pilkades tetap berjalan, sampai terlantik kades definitif. “Kalau masih ada proses hukum, ya silahkan dilakukan gugatan tata usaha negara (TUN), tinggal nanti pengadilan yang akan memutuskan,” jelasnya.
Menyinggung soal pelantikannya, kata Asisten Tata Pemerintah Sekda Pati Soediyono, masih menunggu penetapan dari Bupati Pati. Namun, direncakanan antara akhir Februari hingga Maret 2019, dengan melihat situasi dan kondusifitas daerah.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla