1,03 Juta Warga Pati Tercatat di DPTHP-2

Pati, Kota – Sesuai dengan Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) Pemilu 2019, warga Kabupaten Pati yang masuk Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan tahap kedua (DPTHP) II, yang telah ditetapkan pada 11 Desember 2018 lalu, mencapai satu juta pemilih lebih.
Data tersebut merupakan salinan DPTHP-2 sesuai UU Nomor 7 tahun 2017 dan PKPU Nomor 11 tahun 2018, yang telah disampaikan ke peserta pemilu, Bawaslu dan perangkat pemerintah tingkat kabupaten dalam bentuk softcopy atau salinan.

Menurut Komisioner KPU Kabupaten Pati Khoirun Nikmah Ssos, pihaknya telah mendistribusikan data di DPTHP-2 ke seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Pati untuk diumumkan di tempat strategis, mulai Rabu (26/12/2018). “Dengan jumlah pemilih 1.034.791 yang terdiri dari pemilih Laki-laki 508.799 dan pemilih perempuan 525.992. Ketika ditetapkan, jumlah ini sesuai dengan Sistem Informasi Data Pemilih ( Sidalih ) Pemilu 2019,” terangnya.
Khoirun Nikmah mengatakan, penempelan DPTHP-2 di tempat-tempat strategis tersebut, agar masyarakat dapat melakukan pencermatan secara dini apabila masih ada warga masyarakat yang mempunyai hak pilih, tapi belum masuk di DPTHP-2 tersebut. Nantinya pemilih ini akan tetap mempunyai hak pilihnya dan masuk di DPK ( Daftar Pemilih Khusus ). “Bagi Pemilih yang telah terdaftar dalam DPTHP-2 di suatu TPS yang karena keadaan tertentu pemilih tidak dapat menggunakan haknya untuk memilih di TPS tempat yang bersangkutan terdaftar dan memberikan suaranya di TPS lain, maka pemilih tersebut akan masuk di DPTb ( Daftar Pemilih Tambahan ),” jelasnya.
Untuk dapat dimasukkan ke dalam DPTb, sesuai PKPU No 11 Tahun 2018, kata Komisioner KPU Kabupaten Pati Khoriun Nikmah, pemilih bersangkutan harus menunjukkan KTP-el dan melaporkan kepada PPS atau KPU Kab/Kota asal untuk mendapatkan surat pemberitahuan pindah memilih dengan menggunakan formulir Model A.5-KPU.
Diharapkan dengan adanya langkah pendataan sejak dini DPTb dan DPK ini, pelayanan hak pilih warga negara dapat terjamin, tidak ada satupun WNI yang kehilangan hak pilihnya.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla