Jual Bantuan Alsintan, Diancam Dipidanakan

Pati, Kota – Bupati Pati Haryanto mengingatkan kepada para penerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) untuk memanfaatkan secara maksimal. Jika diketahui menjual bantuan tersebut, pelakunya akan dipidanakan.
Puluhan kelompok tani di Kabupaten Pati kembali menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan). Bantuan tersebut berupa tiga unit hand traktor, sepuluh unit corn sheller, tiga unit chopper, lima belas unit rumah burung hantu, 48 ekor ternak kambing untuk enam kelompok, bibit tanaman untuk lima kelompok, tujuh unit irigasi air tanah dangkal, sebelas unit long storage, delapan unit dam parit dan satu unit jalan produksi.

Saat menyerahkan bantuan itu di halaman Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Pati, Kamis (27/12/2018), Bupati Pati Haryanto mengingatkan agar, para penerima bantuan tidak menjual alsintan-alsintan yang telah diberikan pemerintah kepada kelompoknya. "Ketika ada penyimpangan alsintan yang telah diserahkan, akan kita tindak tegas karena akan kita tingkatkan keranah hukum ketika sampai dijual," tegasnya.
Untuk menghindari terjadinya penyimpangan pada bantuan yang diberikan seperti hewan ternak kambing. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, melakukan verifikasi yang ketat.
Bantuan ini katanya, tidak ada tendensi politik. Pihaknya ingin agar petani berhasil dan produktifitasnya meningkat. "Dengan moderenisasi pertanian, diharapkan bisa meningkatkan hasil panen dan harga panenan," imbuhnya.
Mochtar Effendi kepala Dispertanak Kabupaten Pati menambahkan, pada kegiatan pemberian bantuan ini lewat Dispertanak Pemkab Pati menyalurkan bantuan kepada kelompok tani dibeberapa wilaya berupa Alsintan, hewan ternak, bibit tanaman, infrastruktur dan rumah burung hantu.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla