Dengan Dana Desa Tidak Ada Lagi Desa Sangat Tertinggal di Pati

Pati, Kota – Penerapan dana desa yang terarah dan sesuai peruntukannya, ternyata mampu mengentaskan desa dengan status desa tertinggal. Sehingga pada 2018 ini, sudah tidak ada lagi sebutan desa sangat tertinggal.
Hingga 2017 lalu masih ada lima desa sangat tertinggal di Kabupaten Pati. Namun seiring dengan penerapan dan penggunaan dana desa yang tepat dan sesuai peruntukannya, di Kabupaten Pati pada 2018 ini sudah tidak ada lagi desa di Kabupaten dengan sebutan desa sangat tertinggal.

Usai simulasi dan workshop pencairan dana desa di Pendopo Kabupaten Pati, Kamis (27/12/2018), Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Pati dr Muhtar mengatakan, setahun lalu masih ada lima desa yang statusnya sangat tertinggal, tapi sekarang sudah tidak ada lagi. “Ini adalah indikasi bukti bahwa dengan dana desa itu berdampak signifikan terhadap peningkatan status perkembangan desa,” tuturnya.
Namun, sampai saat ini di Kabupaten Pati, tutur Muhtar masih ada 64 desa yang mendapatkan dana alokasi afimasi yang kategorinya desa tertinggal tapi dengan atau desil kemiskinan tinggi. Data tersebut seluruhnya sudah ditentukan dari Kementerian Keuangan.
Menyinggung dana desa untuk 401 desa se-Kabupaten Pati pada 2019 mendatang meningkat Rp51,58 milyar lebih dari tahun sebelumnya menjadi Rp417,03milyar lebih. “Peningkatan itu dipengaruhi karena perbedaan formula. Kalau yang dulu 80% dibagi rerata, sekarang hanya 72% dibagi rerata. Sementara porposionalnya naik, sehingga desa-desa yang memiliki tingkat kemiskinan tinggi, wilayah yang luas, dan jumlah penduduk yang banyak itu semakin mendapat kesempatan bertambah mendapatkan dana,” kata Kepala Dispermades.
Kepala Dispermades Kabupaten Pati dr Muhtar mengatakan, kelima desa terakhir yang sebelumnya berstatus sangat tertinggal diantaranya Desa Pangkalan Margoyoso, Desa Klakahkasian Kecamatan Tlogowungu, Desa Jimbaran Kecamatan Kayen, Desa Tompegunung dan Desa Sumber Soko.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla