4.229 Paspor Khusus Haji Mulai Dikebut Penerbitannya

Pati, Margorejo – Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Pati mulai melembur mencicil pembuatan ribuan paspor khusus haji. Dalam pembuatan paspor ini, Kanim Klas II non TPI Pati menggandeng lima Kantor Kementerian Agama di wilayah kerjanya.
Sesuai data dari lima Kantor Kementerian Agama yang ada di wilayah Kerja Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Pati, terdapat 4.229 orang.

Plh Kepala Kanim Kelas II non TPI Pati Earias Wirawan diwakili Kasi Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Muhammad Taufiq Sulaiman mengatakan, untuk menuntaskan parpor tersebut pihaknya melakukan pembuatan secara bertahap dan bergilir. “Jadi calon haji itu datang dari Jepara, Kudus, Blora, Rembang, jadi mereka dari tempat yang jauh-jauh. Jadi setiap hari kita gilir. Dan ini diharapkan selesai jauhy-jauh hari. Sementara pelaksanaan ibadah haji pada bulan Juni 2019,” ujarnya.
Muhammad Taufiq Sulaiman mengatakan, penjadualan secara bergilir itu, karena pihaknya sehari menargetkan dapat menyelesaikan paspor haji lima puluh dokumen. Dengan demikian dari total calon haji dari lima kabupaten sejumlah hampir lima ribu orang itu, akan selesai jauh-jauh hari sebelum berangkat. Selain itu, juga untuk memberikan kesempatan calon haji membuat dokumen perjalanan (visa) ke Kedutaan Arab Saudi di Jakarta. “Jadi kalau kita siap (prepare) dua bulan sebelum berangkat masih banyak waktu untuk melaksanakan hal-hal yang lain. Seperti pengurusan visanya nanti ke Kedutaan Arab Saudi. Jadi kita sepakat dengan Kantor Kementerian Agama di lima kabupaten, sehingga pada saat bulan puasa kita lelah mengurus surat-surat perjalanan haji,” tuturnya.
Kasi Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Muhammad Taufiq Sulaiman mengatakan, Kanim Kelas II non TPI Pati telah mengawali pembuatan paspor haji sejak November 2018 lalu, yang sebagian diantaranya sudah diterbitkan kepada pemohonnya.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla