Pati, Kota – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati kembali melantik puluhan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tambahan pascaputusan Mahkamah Konstitusi RI.
Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tambahan yang dilantik tersebut sejumlah empat puluh empat orang. Mereka yang dilantik akan melengkapi keanggotaan PPK di setiap kecamatan dari yang semula dari tiga orang, menjadi lima orang pasca putusan Mahkamah Konstitusi.

Usai melantik anggota PPK tambahan, Rabu pagi (2/1/2019), Ketua KPU Kabupaten Pati Imbang Setyawan mengatakan, pelantikan anggota PPK tambahan tersebut berdasarkan putusan MK RI atas yudicial review terhadap keanggotaan PPK di setiap kecamatan tiga orang seperti yang tertuang UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. “Dari tiga orang itu, karena beban kerja yang semakin berat ada beberapa rekan yang mengajukan yudicial review ke MK. Hasil dari putusan MK menyampaikan bahwa terkait dengan anggota PPK untuk kecamatan itu sejumlah lima orang. Terkait hal itu, KPU RI mengubah PKPU terkait dengan badan penyelenggara dan juga mengeluarkan surat edaran yang ditindaklanjuti KPU di daerah untuk proses rekruitmen kepada calon anggota PPK penambahan sejumlah dua orang,” tuturnya.
Imbang Setyawan mengatakan, pada proses rekruitmen PPK itu KPU RI menegaskan, bagi daerah-daerah yang sebelumnya ada pemilihan kepala daerah (pilkada) pada 2018 lalu, menggunakan proses pendaftaran melanjutkan Pilkada Jawa Tengah. “Jadi hasilnya tetapkan tujuh orang yang kita lakukan test wawancara kemudian proses pemeringkatan (ranking), yakni ranking 1 sampai rangking 7. Dua besar ditetapkan sebagai penyelenggara dalam konteks penambahan anggota PPK, sedang yang lima orang itu sebagai cadangan, seandainya ada proses PAW dan sebagainya,” jelasnya.
Ketua KPU Kabupaten Pati Imbang Setyawan berharap, anggota PPK tambahan yang dilantik dan mendapat pembekalan dari KPU, para penyelenggara pemilihan di tingkat kecamatan, dapat langsung bersinergi dengan tiga anggota PPK lainnya. Selain itu, dapat menjalin kerjasama dengan para pemangku di tingkat kecamatan (Camat, Kapolsek, dan Danramil), serta pemerintah desa.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla