Pati, Kota – Tiga dari enam belas partai politik peserta Pemilu 2019 yang ada di Kabupaten Pati, laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK)-nya, masing-masing nol rupiah.
Tiga parpol peserta Pemiu 2019 yang melaporkan LPSDK-nya nol rupiah itu, Partai Garuda, PSI dan PKPI. KPU Kabupaten Pati telah mengumumkan penerimaan LPSDK dari delapan belas parpol, pada Kamis (3/1/2019).

Komisioner KPU Kabupaten Pati Supriyanto mengatakan, terkait dengan LPSDK nol rupiah dari tiga parpol itu KPU tetap menerimanya, dan sesuai dengan ketentuan bila memang parpol bersangkutan belum menerima sumbangan tetap meminta laporannya. “Namun bila mana nanti ada yang menyumbang setelah pasca itu, bisa dimasukkan ke LPPDK. Terkait dengan tindak lanjut penerimaan LPSDK ini, KPU Kabupaten Pati nanti secara bertahap mulai LAPDK, LPSDK, dan nantinya ada di LPPDK itu akan salah satu dokumen akan kita serahkan kepada kantor akuntan publik untuk dilakukan audit terkait dengan kepatuhan dan keabsahannya,” ujar Supriyanto.
Dijelaskan pula, berdasarkan ketentuan setelah menerima dan memproses LPSDK, pihaknya berkewajiban mengumumkan hasil pemeriksaannya kepada masyarakat. “Sehari setelah menerima LPSDK itu KPU menindaklanjuti dengan mengumumkan hasilnya kepada publik. Jadi publik berhak tahu LPSDK dari parpol peserta pemilu,” kata Supriyanto.
LPSDK Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merupakan yang tertinggi yang dilaporkan ke KPU Kabupaten Pati. Total penerimaan sumbangan dana kampanye Partai Kebangkitan Bangsa ini, mencapai lebih dari Rp482,176 juta, menyusul Partai Persatuan Pembangunan dengan Rp252,8 juta lebih, PDI Perjuangan dengan Rp241,381 juta lebih. Sedang Partai Amanat Nasional dengan LPSDK terkecil yang hanya Rp2.288.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla