Pakta Integritas Ibarat Rambu Antisipasi Penyimpanggan Penggunaan Anggaran

Pati, Kota – Seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah di Kabupaten Pati telah meneken pakta integritas, dalam penggunaan anggaran. Pakta integritas itu juga menjadi rambu bagi para pengelolaa anggaran, berhati-hati menggunakan anggaran yang menjadi tanggungjawabnya.
Penandatanganan pakta integritas bukan sebuah bentuk penjaminan hukum bila terjadi penyelewengan pengelolaan anggaran. Tapi sebaliknya, pakta integritas harus menjadi pagar atau rambu yang harus dipatuhi, agar tidak bermasalah dengan hukum.

“Karena sekalipun kertas tipis tapi nilainya cukup besar. Itu belum lagi tambahan dengan hibah provinsi yang nilainya mencapai Rp2,81 triliyun lebih. Ini bukan uang yang kecil tapi uang yang besar. Oleh karena itu kita harus sungguh-sungguh, karena perangkat–perangkatnya sudah kita tata yang pertama pendapatan dan pengeluaran non tunai yang sudah kita launching,” demikian Bupati Pati Haryanto saat memberikan sambutan saat penandatangan pakta integritas para pimpinan OPD dan penyerahan dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) di ruang rapat Pragola Setda Pati, belum lama ini.
Bupati Haryanto mengatakan, sejauh ini pemerintah berupaya mengurangi penyimpangan, dengan mengaktifkan aplikasi non tunai elektronik di TPI, DPPKAD, Disdagpering dan Dishub, untuk setiap pembayaran retribusi, pajak daerah, serta pembayaran atas izin-izin lainnya. “Kalau nanti hasilnya justru menurun, berarti penerapan aplikasi non tunai elektronik itu, tidak maksimal perlu dipertanyakan. Karena kemarin saja, tunai saja bisa melebihi target. Tapi kalau non tunai itu kan justru cenderung meningkat, karena orang yang menangani itu tidak ada penyimpangan. Kalau toh itu terjadi, sangat kecil,” ujarnya.
Bupati Pati Haryanto mengatakan, setelah meneken pakta integritas dan menerima dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) itu, diharapkan para pimpinan OPD segera menindaklanjui, salah satunya membuat rencana kerja OPD yang menjadi acuan program kerja untuk mencapai pencapaian kinerga yang ditargetkan.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla