1680 Sertififkat PTSL Dibagikan Bupati Pati Kepada Pemohon di Kecamatan Cluwak

Pati, Cluwak – Warga empat desa di Kecamatan Cluwak, yang mengajukan permohonan sertifikat, menerima dokumen kepemilikan tanah mereka. Penyerahan sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkat (PTSL) itu, secara simbolis diserahkan Bupati Pati Haryanto di Balai Desa Payak Kecamatan Cluwak, Senin (7/1/2019).
Sejumlah 1.680 dokumen kepemilikan tanah (sertifikat) program PTSL itu diserahkan kepada pemohon yang tersebar di empat desa. Desa Karangsari enam ratus sertifikat, Desa Mojo lima ratus sertifikat, Desa Ngablak tiga ratus tiga puluh sertifikat dan Desa Payak sejumlah dua ratus lima puluh sertifikat.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pati Yoyok Anwar mengatakan, sertifikat-sertifikat yang dibagikan itu, merupakan bagian dari target program PTSL 2018 di Kabupaten sejumlah 45.253 sertifikat hak atas tanah. Untuk pengukuran survei pemetaan dan pengumuman selesai semua 100%. “Ditambah peningkatan K3 ke K1 116 bidang, sehingga penerbitan sertifikat 41.516 bidang. Untuk PTSL APBD 2.253 telah dibagikan. Target K4 adalah 1974 bidang. Sertifkat matang 14 bidang selesai 100%,” katanya.
Bupati Pati Haryanto berpesan kepada penerima, untuk menjaga dan menyimpan sertifikat dengan baik dan digunakan untuk hal-hal yang produktif semisal sebagai agunan pengajuan pinjman ke pihak perbankan. “Jangan terjebak utang karena menjaminkan sertifikat untuk hal yang produktif, yang justru menambah beban warga. Semisal tidak dijadikan agunan atau jaminan pinjaman, hendaknya disimpan ditempat yang aman,” katanya.
Bupati Haryanto juga berharap masyarakat untuk mengawal program PTSL, yang memberikan banyak kemanfaatan bagi masyarakat.
Kepala BPNS Pati Yoyok Anwar menegaskan, pihaknya menargetkan PTSL untuk PTT sejumlah enam puluh lima ribu bidang, dan sertifikat atas tanah lima puluh ribu bidang.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla