Ombudsman Rekomendasikan Personil Panitia Pengisian Perangkat Desa

Pati, Kota – Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah menyerahkan hasil investigasi inisiatif terkait seleksi pengisian perangkat desa di wilayah Kabupaten Pati. Hasil investigasi itu berupa rekomendasi kepada Pemkab Pati untuk memperbaikan personil kepanitiaan seleksi perangkat desa.
Penyerahan rekomendasi terkait hasil investigasi inisiatif soal seleksi pengisian perangkat desa itu, dilakukan antara Ketua Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah Acim Dartasim SSos MT dengan Bupati Pati Haryanto SH MM MSi, di ruang kerja Bupati Pati, Rabu pagi (9/1/2019).

Diwawancara usai bertemu dengan Bupati Pati, Ketua Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah Acim Dartasim membenarkan, pihaknya telah menyerahkan rekomendasi hasil investigasi inisiatif seleksi pengisian perangkat desa di wilayah Kabupaten Pati. “Itu hasil kajian kita yang kemarin kita lakukan investigasi yang berisi beberapa rekomendasi dari Ombudsman kepada Bupati dalam rangka perbaikan proses pengisian perangkat desa,” tutur Ketua Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah.
Acim Dartasim mencontohkan salah satu isi rekomendasi tersebut, terkait personil panitia yang terlibat dalam seleksi perangkat desa, yang berbeda antara satu desa dengan desa lainnya. “Kepanitian pengisian perangkat desa di masing-masing desa itu tidak sama. Ada yang 19 orang, ada yang 34 orang, dan ada yang 35 orang. Ini lah yang harus kita perbaiki, percuma lah kalau terlalu banyak malah buang-buang uang saja,” jelasnya.
Sementara Bupati Pati Haryanto mengatakan, terkait rekomendasi dari Ombudsman pihaknya akan menyempurnakan regulasi yang telah ada. Karena di Perda yang ada sekarang kewenangan masih ada di desa masing-masing. “Nanti kita sempurnakan Perdanya akan kita ubah mengacu putusan MK, calon perangkat desa itu tidak harus dari dalam desa tapi dari luar desa juga bisa. Tapi ini baru proses, jadi belum ada rencana rekruitmen perangkat desa. Kalau kemarin sepenuhnya ke desa masing-masing, kita hanya pengawas sehingga tidak boleh masuk,” kata Bupati Haryanto.
Usai menyerahkan rekomendasi tersebut, atas undangan Pemkab Pati, Ketua Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah Acim Dartasim dan rombongan, serta Forkompinda menghadiri peresmian proyek-proyek pembangunan di Kabupaten Pati tahun anggaran 2018 dan penandatangan zona integritas kawasan tanpa korupsi di Tugu Bandeng turut Desa Sukokulon Kecamatan Margorejo.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla