Pati, Margorejo – Tugu Bandeng di persimpangan jalur lingkar selatan turut Desa Sukokulon Kecamatan Margorejo, kini menjadi ikon Kabupaten Pati. Peresmian tugu tersebut bersamaan dengan 550 proyek pembangunan lainnya yang didanai APBD Kabupaten Pati tahun anggaran 2018.
Pembangunan tugu bandeng yang menghabiskan dana Rp3,8 milyar itu, melengkapi ikon yang dimiliki Kabupaten Pati, setelah ikon-ikon lainnya seperti patung kuda di persimpangan Puri. Ikon Tugu Bandeng telah diresmikan, bersamaan peresmian 550 proyek pembangunan di Kabupaten Pati, Rabu pagi (9/1/2019).

Bupati Pati Haryanto bersama Wakil Bupati Saiful Arifin mengatakan, pembangunan tugu bandeng tersebut untuk mengangkat potensi yang ada di Kabupaten Pati. Karena selama ini justru bandeng juwana menjadi branding (cap) pemasaran produk di Semarang. “Tapi kita tidak mau kehilangan itu sehingga kita rapatkan dengan Wakil Bupati, Sekda, dan seluruh OPD, sehingga muncul gagasan monumen bandeng ini. Sehingga warga Pati maupun luar Pati bahwa cap atau branding bandeng juwana yang ada di Pandanaran Semarang itu asalnya dari Juwana Kabupaten Pati. Bahkan penyuplainya dari Juwana. Jadi kalau melihat bandeng ya Pati, Pati ya Bandeng,” tutur Bupati Haryanto.
Bupati berharap dengan monumen (tugu bandeng) itu dapat menggerakan perekonomian terutama para petani perikanan, terutama bandeng serta perikanan air tawar maupun air asin. Menyinggung filosofi ikon bandeng yang dibadannya terdapat roda dari kuningan, tutur Bupati Haryanto, disamping penghasil bandeng Kabupaten Pati juga terdapat sentra kerajinan kuningan. “Maksudnya dibikin roda sebagai simbol pemutar roda perekonomian agar para petani, dan para pengusaha tambak bisa meningkat hasilnya dengan perputaran ekonomi yang ada di Kabupaten Pati,” jelasnya.
Dari total proyek pembangunan pada 2018, masih menitikberatkan pada infrastruktur pembangunan jalan dan jembatan, serta gedung termasuk revitalisasi Pasar Tayu dan Rumah Sakit Kayen, dengan dana senilai lebih dari Rp314,242 milyar.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla