Pati, Pekalongan – Desa Pekalongan Kecamatan Winong telah mengembangkan pelayanan online kepada masyarakatnya. Pemerintah Desa Winong meresmikan pelayanan online untuk memudahkan pengurusan surat-surat bagi masyarakat itu, pada Kamis (10/1/2019). Salah satu untuk meningkatkan pelayanan dalam hal pengurusan surat menyurat, Pemerintah Desa (Pemdes) Pekalongan Kecamatan Winong meluncurkan pelayanan online berbasis aplikasi gawai pintar. Itu menjadi bagian upaya pemdes setempat mengoptimalkan pelayanan bagi masyarakatnya yang sibuk kerja.

Kades Pekalongan Kecamatan Winong Ukhwatur Ro`i mengatakan, penerapan pelayanan online tersebut menindaklanjuti perintah camat dan bupati untuk meningkatkan pelayanan administrasi kepada warga masyarakat. Terlebih banyak warga di desa setempat yang bekerja sebagai PNS, pekerja swasta, dan usaha lainnya. “Alur pelayanan administrasi secara online ini masayrakat tinggal menghubungi nomor tersebut di jam berapapun waktunya 24 jam. Dan besok paginya masyarakat tinggal mengambil sudah jadi. Untuk biaya tidak ada alias gratis, dan tidak perlu membawa apa-apa,” tuturnya.
Ukhuwar Ro`i berharap dengan peluncuran layanan online administrasi tersebut, mampu menumbuhkan dan membangun sinergitas antara masyarakat dengan aparat desa setempat. Dengan demikian masyarakat merasa memiliki desanya, dan mengawasi jalannya pemerintahan di desa. “Kami dari pemerintah desa dan masyarakat itu ada sinergi. Jadi masyarakat akan merasa memiliki desa ini, dan mengawal mengawasi pemdes, di sisi lain pemdes bisa melayani masyarakat secara optimal,” terangnya.
Kades Pekalongan Kecamatan Winong Ukhuwar Ro`i, untuk bisa mengakses pelayanan administrasi secara online ini, mensyaratkan paham teknologi. Karena layanan ini bisa dilakukan dengan mengirim melalui pesan singkat (SMS) maupun aplikasi android whatsapp (WA).(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla