Puluhan Tenda PKL di Lokasi Baru Ambruk

Pati, Kota – Puluhan tenda yang rencananya untuk para pedagang kaki lima (PKL) di tempat penimbunan kayu (TPK) Perum Perhutani turut Desa Puri Kecamatan Pati, ambruk. Ambruknya tenda-tenda itu diduga karena kontruksi kerangkanya yang tidak kuat menahan air yang menandon di atasnya. Tiga puluh tenda yang diperuntukan bagi pedagang kaki lima (PKL) di calon lokasi baru, kembali ambruk, Senin siang (14/1/2018). Ambruknya tenda itu bukan karena tangan-tangan jahil, tapi karena diduga kontruksi kerangkanya jelek.

Seorang saksi mata Abdul Qodir warga Desa Puri mengatakan, tenda-tenda yang rencananya untuk PKL itu ambruk, akibat tidak kuat menahan beratnya air yang tertampung di atap tenda. “Ini karena hujan. Sebetulnya ini untuk even bukan untuk semi permanen, kontruksinya tidak kuat. Contohnya pipa-pipa penyangga saja ini hanya empat, itu seharusnya delapan. Hal seperti ini tidak Cuma saat sekarang saja, tapi ketika hujan turun dengan deras pasti ada yang ambruk,” jelas Abdul Qodir.
Selain pipa dan tiang penyangga yang melengkung, baut yang berfungsi untuk menahan juga tercabut karena beratnya beban air yang ada di atap tenda. Setidaknya saat pemasangan tenda-tenda tersebut, harus mengutamakan keamanan dan kenyamanan pedagang. Hanya saja untungnya, para PKL di Alun-Alun belum satu pun yang mendempati tenda-tenda di area relokasi tersebut.
Abdul Qodir menegaskan, ambruknya tenda-tenda tersebut bukan karena dirusak orang, tapi memang murni akibat derasnya hujan yang mengguyur sekitar Pati selama hampir setengah jam. “Ini melampaui batas ukuran, sehingga air hujan yang tertampung di atap tenda. Itu baru hujan, nanti kalau hujan disertai angin, gimana?. Harusnya kalau ini untuk PKL berdagang harusnya ditempatkan yang aman, karena untuk yang dagang maupun pengunjung. Harus keamanan diperhatikan juga,” jelasnya.
Untungnya waktu kejadian, tenda-tenda tersebut belum ditempati dan belum ada pengunjung, sehingga tidak ada yang terluka maupun korban jiwa.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla