Sosialisasi Keselamatan Berlalulintas Satlantas Pati Gelar Milenial Road Safety Festival

Pati, Kota - Angka kecelakaan lalulintas pada tahun 2018 Dapatkan kembali korban termuda di masa-masa produktif. Untuk mencegah tingkat fatalitas kecelakaan tersebut, Satlantas Polres Pati menggelar Milenial Road Safety Festival di halaman Stadion Joyokusumo Pati, Sabtu sore (26/1/2019).

Penyelenggaraaan 'Milenia Road Safety Festival' oleh Satlantas Polres Pati adalah bagian dari program Koorlantas Mabes Polri, dalam menyosialisasikan keselamatan berlalulintas. Kegiatan tersebut melibatkan generasi dari komunitas otomotif, baik roda dua maupun roda empat yang ada di Kabupaten Pati.
Saat jumpa pers, mewakili Kapolres Pati AKBP Jon Wesley Arianto SIK, Kasat Lantas AKP Christian Lolowang SIK MH mengatakan, kegiatan ini untuk mengajakak anak muda milenial untuk menjadi pelopor keselamatan berlalulintas di jalan raya. Karena menurut penelitian pada 2014 hingga 2015 angka kecelakaan yang melibatkan generasi milenial paling tinggi sekitar delapan belas ribu kasus. “Itu sudah sangat memprihatinkan. Dan menurut penelitian WHO juga memang angka laka lantas ini sudah sangat memprihatinkan. Karena kalau sudah dihitung angka kematian yang diakibatkan oleh lakalantas ini, Indonesia itu nomor lima di dunia, setelah penyakit jantung, diabetis, dan paru-paru,” tuturnya.
Kasat Lantas Polres Pati menuturkan, dalam sosialisasi tersebut memang sengaja memilih generasi milenial, karena kaum milenial ini berusia produktif. Meski dalam sosialisasi tertib berlalulintas tetap memperhatikan masyarakat secara keseluruhan. Namun kepolisian lalulintas tetap fokus untuk menurunkan fatalitas korban laka lantas kaum milenial. “Ini rerata kaum milenial yang tingkat aktifitas dan kreatifitasnya tinggi. Makanya hari ini kita mengajak seluruh komunitas untuk menjadi relawan (pelopor) keselamatan berlalulintas. Untuk di Pati sangat tinggi untuk angka laka lantas, namun kita sudah berupaya untuk melaksanakan imbauan hanya masih angka laka lantas masih cukup tinggi,” katanya.
Sosialisasi keselamatan berlalulintas melalui Milenial Road Safety Festival tersebut, kata AKP Christian Lolowang SIK MH, kepolisian juga ingin mengikis anggapan negatif di masyarakat yang masih mengesampingkan keselamatan berlalulintas. Sehingga kecelakaan lalulintas dapat dikendalikan.
Kasat Lantas Polres Pati AKP Christian Lolowang SIK MH mengatakan, Milenial Road Safety Festival dilaksanakan mulai Januari hingga Maret 2019, yang puncaknya akan diselenggarakan pentas free style, senam kolosal dan milenial ekspo di Alun-Alun Simpang Lima Pati, pada 10 Maret 2019 mendatang.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla