Cetak
Dilihat: 317

Pati, Kota – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati berharap keberadaan Relawan Demokrasi (Relasi), mampu meningkatkan pemilih pada Pemilu Serentak 2019. Karena menjadi agen sosialisasi pemilu, Relawan Demokrasi (Relasi) akan bersentuhan langsung dengan masyarakat sesuai basis sasaran masing-masing.
Untuk mendongkrak partisipasi pemilih pada Pemilu Serentak pada 17 April 2019 mendatang, KPU Kabupaten Pati merekrut lima puluh lima Relawan Demokrasi (Relasi). Mereka terbagi dalam sebelas basis yang menjadi sasaran sosialisasi kepemiluan hingga di tingkat kelompok masyarakat.

Di sela-sela pengukuhan dan bimbingan teknis (bimtek) Relawan Demokrasi (Relasi) untuk Pemilu 2019, Selasa (29/1/2019), Komisioner KPU Kabupaten Pati Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Pemilih dan SDM Haryono mengatakan, para Relasi yang sudah dikukuhkan itu, akan menjadi kepanjangan tangan dan agen sosialisasi di sebelas basis pemilih di masyarakat. Seperti basis pemilih pemula dan basis pemilih perempuan. “Relawan Demokrasi (Relasi) ini dibentuk karena KPU tidak bisa menjangkau pada titik-titik tertentu. Artinya dalam hal ini KPU butuh kepanjangan tangan atau agen-agen sosialisasi di luar kami juga punya PPK dan PPS,” ujarnya.
Haryono mengatakan, relasi yang merupakan orang-orang pilihan berdasarkan hasil seleksi itu, akan menyosialisasikan tentang kepemiluan ke seluruh wilayah Kabupaten Pati sesuai dengan basis kelompok pemilihnya. “Masing-masing basis itu lima orang, basis perempuan lima orang begitu juga dengan Sembilan basis lainnya juga masing-masing lima orang. Mereka nanti akan merumuskan pola dan mekanisme sosialisasi di basis kelompok sasaran pemilih. Bahkan dari sebelas basis, juga membentuk basis netizen, lima orang ini nanti yang akan bergerak membuat meme misalnya, kemudian membuat kampanye di media social,” terangnya.
Komisioner KPU Kabupaten Pati Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Pemilih dan SDM Haryono menjelaskan, mereka yang menjadi bagian dari Relawan Demokrasi (Relasi) ini merupakan orang-orang non partisan dari parpol tertentu, maupun terafiliasi dengan maupun masuk anggota tim kampanye pasangan capres dan cawapres.(•)

0
0
0
s2sdefault
powered by social2s