Tempat Rencana Relokasi PKL, Masih Membutuhkan Banyak Pembenahan

Pati, Kota – Tempat rencana pemindahan (relokasi) Pedagang Kaki Lima (PKL) di komplek Tempat Penimbunan Kayu (TPK) milik Perum Perhutani Pati, masih belum rapi, dan masih membutuhkan banyak pembenahan. Bahkan kalangan dewan menilai, fasilitas tersebut belum layak untuk ditempati PKL.
Usai menerima ratusan PKL di Gedung Dewan, unsure pimpinan DPRD Kabupaten Pati langsung meninjau TPK Perum Perhutani di Desa Puri Kecamatan Pati. Tempat itu merupakan rencana relokasi PKL. Para wakil rakyat banyak mendapati temuan pembangunan fasilitas yang kurang dari sempurna.

“Kondisi di tempat rencana relokasi PKL ini memang belum layak. Mungkin masih dalam tahap perbaikan. Diantaranya di salah satu sudut harus dibuat jalur untuk pintu masuk. Terus banyak berserakan, mungkin saja belum selesai, karena pembangunannya juga belum selesai. Kemudian tenda-tenda ini juga kita belum tahu, kalau kena angin juga menakutkan. Belum lagi di atas pohon yang sudah tua banyak ranting yang sudah mulai rapuh. Tentu ini akan membahayakan keselamatan para PKL dan pengunjung,” demikian Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badruddin didampingi beberapa anggota dewan lainya, saat meninjau tempat relokasi PKL, Selasa siang (29/1/2019).
Ketua DPRD Kabuapten Pati mengatakan, pada prinsipnya pihaknya tidak melarang apa yang sudah menjadi kebijakan pemerintah daerah. Karena itu, sudah sesuai dengan aturan, hanya saja masih banyak yang perlu diperbaiki.
Kepala DPU-TR Ahmad Faisal mengatakan, memang untuk pembangunan fasilitas PKL di lokasi tersebut belum selesai. Namun pihaknya meminta kepada rekanan untuk merapikan pengerjaannya. “Nanti kalau sudah diberikan dan sudah diisi oleh PKL baru kelihatan di sini adalah tempat berjualan. Tapi kalau di Alun-Alun Simpang Lima kita lihat hanya lapangan. Kalau di sini sudah kita sediakan tenda, nanti misalnya hujan mereka tidak perlu pergi lagi, lapak-lapak mereka bisa tetap di lokasi selama 24 jam,” ujar Ahmad Faisal.
Pembangunan fasilitas relokasi PKL di komplek Tempat Penimbunan Kayu Perum Perhutani Pati, yang ditarget selesai dalam beberapa hari mendatang, menggunakan dana APBD Perubahan 2018, senilai Rp2,7 milyar rupiah. Dan rencananya, di lokasi tersebut akan dibuat taman dan tempang panggung hiburan.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla